Kondisi-Kondisi Yang Dapat Menyebabkan Penyakit Maag

Penyakit maag masih dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Padahal penyakit ini jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah lagi. Tapi sebelum membahas resiko penyakit ini jika tidak ditangani dengan baik, kita akan lebih dulu membahas penyebab penyakit ini.

Salah satu penyebab yang paling sering ditemui adalah pola makan yang tidak teratur. Ketika kita sering terlambat untuk makan, kadar asam lambung di dalam tubuh akan meningkat sementara tidak ada asupan yang bisa dihancurkan. Karena tingginya asam lambung, maka dinding lambung kita akan terkikis dan terluka lalu menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan jika tidak segera diatasi.

Penyebab kedua adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter Pylori. Bakteri ini merupakan bakteri jahat yang dapat tinggal di dalam lambung kita untuk waktu yang lama. Karena pola makan yang buruk, bakteri ini terus berkembang di dalam lambung dan menggerogoti lambung kita. Jika dibiarkan tanpa adanya pengobatan, lambung kita akan terasa sakit.

Penggunaan obat anti inflamasi non steroid juga bisa memicu naiknya asam lambung. Biasanya penggunaan obat anti inflamasi harus disertai resep dokter. Jadi penggunaan obat anti inflamasi harus dijaga dosisnya agar tidak menyerang kesehatan lambung.

Mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok juga dapat memicu penyakit maag. Caffeine yang ada dalam secangkir kopi sangat sulit untuk dicerna sehingga memberikan beban yang lebih pada lambung. Meminum kopi sebelum makan sangat tidak dianjurkan karena dapat memicu naiknya kadar asam lambung pada tubuh.

Dengan penjelasan diatas, tentunya sekarang wawasan kita tentang penyebab penyakit maag semakin bertambah. Hindari hal-hal diatas agar kesehatan lambung kita tetap terjaga.

Apa Itu Anensefali ? Berbahayakah Anensefali ?

Belum banyak yang mengetahui tentang anensefali, sebenarnya apa sih anensefali itu ? Anensefali adalah kondisi bayi tanpa beberapa bagian otak dan tulang tengkorak. Kondisi ini dapat terjadi akibat kurangnya asupan folat ketika sedang dalam masa kehamilan.

Penyakit ini sangat berbahaya bagi si bayi, pasalnya penyakit ini membuat otak, tengkorak, tulang belakang serta sumsum tulang belakang bayi tidak dapat terbentuk dengan sempurna.

Karena hingga saat ini belum ada penanganan yang dapat menyembuhkan bayi dari kondisi ini, maka kita perlu paham cara untuk mencegah atau menurunkan resiko anensefali.

Penyebab Anensefali :

1. Kelainan genetik

2. Zat beracun yang dipaparkan melalui lingkungan sekitar

3. Ibu hamil yang mengalami obesitas

4. Ibu hamil yang sering terpapar udara panas atau suhu tinggi

5. Kekurangan zat folat

 

 

Makanan yang mengandung folat :

1. Kacang-kacangan

2. Sayuran berwarna hijau

3. Nasi, roti, sereal, dan pasta

4. Hati sapi

5. Buah-buahan

 

Hingga sekarang, belum ada metode yang bisa menyembuhkan kondisi ini. Biasanya bayi yang mengalami kondisi anensefali akan meninggal hanya berselang satu hingga tiga jam sejak dilahirkan.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu memperhatikan asupan yang dikonsumsi setiap harinya, terutama asupan folat.

Untuk wanita subur, jumlah folat yang harus dikonsumsi setidaknya harus mencapai 400 mikrogram setiap harinya. Untuk wanita yang sedang hamil perlu mengkonsumsi setidaknya 400 – 600 mikrogram setiap harinya.

Namun bagi wanita yang pernah melahirkan bayi yang cacat, paling tidak mereka harus mengkonsumsi sekitar 4.000 mikrogram folat setiap harinya.

Sudah Tahu Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan ?

Siapa yang tidak tahu bawang bombay ? Semua orang tentu sudah tahu bahan masak yang satu ini bukan ? Bawang bombay memang sering kita temukan di berbagai jenis masakan, mulai dari masakan gaya barat hingga masakan Asia.

Selain dapat memberikan tambahan rasa pada masakan, ternyata bawang bombay juga memiliki kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tidak heran jika bawang bombay sering dijadikan bahan obat-obatan tradisional.

Namun tidak banyak orang yang mengetahu manfaat dari mengkonsumsi bawang bombay. Oleh karena itu, kami akan terangkan berbagai manfaat yang bisa kalian rasakan jika mengkonsumsi bawang bombay secara rutin.

Pertama kita akan membahas kandungan nutrisi yang ada terlebih dahulu. Bawang bombay tidak mengandung lemak jenuh dan tidak mengandung lemak trans. Dalam 100 gram bawang bombay terkandung 40 kalori, 1,7 gram serat, 4,2 gram gula, serta 1,1 gram protein, serta 9,3 gram karbohidrat. Untuk vitamin yang terkandung antara lain vitamin B6, vitamin C, folat dan juga kalium.

Bawang bombay juga sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka. Kandungan vitamin C yang tinggi serta sifat antioksidan yang terkandung pada bawang bombay memang dapat meregenerasi sel yang rusak akibat luka. Caranya juga cukup mudah, hanya perlu dihaluskan lalu dibalurkan ke area bekas luka secara rutin setiap harinya.

Ekstrak minyak bawang bombay juga dapat menekan pertumbuhan bakteri didalam tubuh. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi bawang bombay secara rutin juga bisa meningkatkan kepadatan tulang. Beberapa jenis kanker seperti kanker lambung, usus besar serta prostat juga dapat ditekan pertumbuhannya jika mengkonsumsi bawang bombay.

 

Cara Menggunakan Kondom Yang Benar

Kondom menjadi alat kontrasepsi yang cukup efektif dan murah. Kondom sendiri biasanya terbuat dari bahan karet yang dipakaikan pada alat kelamin pria. Gunanya adalah sebagai pelindung agar sperma tidak masuk ke ovarium wanita. Meskipun sudahs ering didengar, namun masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak paham cara mengenakan kondom yang benar.

Berikut ini cara menggunakan kondom yang benar :

Pertama keluarkan kondom dari kemasan, ikuti petunjuk yang ada didalam kemasan. Sebelum membuka kemasan, alangkah baiknya untuk mendorong kondom ke sisi lainnya agar tidak ikut robek saat kita membuka bungkus kondom.

Kedua, keluarkan kondom dari kemasan secara perlahan. Jepit bagian tengah kondom dengan jari untuk menghindari adanya udara yang masuk. Semakin banyak udara yang masuk, kondom akan semakin mudah pecah.

Ketiga, masukkan bagian mulut kondom ke penis, pastikan penis sudah ereksi dengan sempurna untuk mempermudah pemasangan kondom dan menurangi resiko kondom rusak.

Ketiga, buka gulungan pada pangkal penis, jika bagian gulungan tidak biasw diturunkan, berarti pemasangan kondom tidak sempurna ( kadang bisa terbalik ). Jika sudah seperti itu, sangat disarankan untuk menggantinya dengan kondom baru.

Keempat, ketika sudah selesai berhubungan intim dengan pasangan, keluarkan penis dari mulut vagina sebelum ereksinya hilang. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran kondom.

Kelima, tarik penis secara perlahan agar kondom tidak lepas. Cabut kondom dari penis, lalu bungkus menggunakan tissue dan buang ke tempat sampah.

Perlu menjadi catatan, jangan menyimpan kondom didalam dompet karena dapat merusak kondom ( hawa panas dan juga gesekan ). Jangan gunakan kondom dengan kandungan spermisida karena bisa menyebabkan iritasi dan juga alergi untuk sebagian orang.

Manfaat Dibalik Segarnya Rasa Buah Pir

Buah yang terkenal efektif untuk mengobati panas dalam adalah buah pir. Buah pir sendiri merupakan saudara dari buah apel. Buah pir biasanya ditemukan di tempat yang beriklim sedang dan menjadi hasil budidaya yang sangat terkenal di dunia.

Selain dapat mengobati panas dalam, buah pir ternyata juga memiliki kegunaan lainnya. Salah satu kegunaan buah pir adalah untuk menurunkan berat badan. Buah pir adalah buah yang memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet. Selain itu buah ini juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga mampu untuk menghidrasi tubuh.

Buah pir juga sangat efektif untuk mencegah kanker. Kandungan vitamin A dan vitamin C pada buah pir sangat baik untuk menekan angka radikal bebas yang ada. Semakin rendah angka radikal bebas, maka resiko untuk terkena kanker juga akan semakin kecil.

Buah pir juga sangat cocok untuk mengobati penyakit kardiovaskular. Ini dikarenakan buah pir memiliki kandungan sodium dan kalium yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan juga otot.

Dengan mengkonsumsi buah pir secara rutin, kita juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kolitis. Kolitis sendiri merupakan penyakit yang menyerang area usus besar. Biasanya gejala yang muncul seperti rasa nyeri, diare dan juga pendarahan pada anus. Dengan mengkonsumsi buah pir, kita bisa memperkecil resiko terkena penyakit ini.

Penanganan Pertama Pada Luka Bakar Ringan

Luka bakar sering kali terjadi dalam kehidupan sehari hari kita, entah disengaja ataupun tidak . Luka bakar yang paling sering terjadi biasanya dikarenakan terkena air panas ataupun cipratan minyak ketika memasak.

Dalam menangani luka bakar ringan, kita tidak memerlukan obat-obatan dari dokter. Berikut cara penanganan luka bakar ringan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah mengoleskan odol atau pasta gigi pada daerah kulit yang terluka. Karena odol bersifat “dingin”, rasa panas dan nyeri yang diakibatkan luka bakar dapat sedikit berkurang.

Cara kedua adalah menggunakan potongan lidah buaya. Jika kalian memiliki lidah buaya di rumah, coba haluskan daging lidah buaya lalu oleskan pada bagian yang terluka. Lidah buaya dikenal sebagai bahan yang penuh dengan antioksidan dan anti inflamasi sehingga dapat meredakan rasa sakit dan panas akibat luka bakar.

Cara ketiga adalah menggunakan madu. Sudah sejak dahulu kala madu dipercaya sebagai obat anti inflamasi yang efektif. Dengan mengoleskan madu pada area luka bakar, tidak hanya dapat mengurangi rasa sakit, madu juga dapat meremajakan kulit berkat kandungan vitamin yang tinggi.

Cara keempat adalah menggunakan salep khusus luka bakar.  Salep jenis ini dapat ditemukan dengan mudah di apotik ataupun supermarket. Harganya juga cukup murah, jadi tidak ada salahnya menyimpan salep khusus luka bakar di rumah untuk sebagai tindakan pertama dalam penanganan luka bakar.

Kenali Resiko Dan Kondisi Sebelum Melakukan Operasi Sinusitis

Sinusitis merupakan sebuah kondisi dimana terjadi penyumbatan pada bagian sinus. Dalam kondisi yang ringan, pihak medis akan memberikan obat-obatan agar penderita dapat bernafas dengan lega. Namun jika kondisi sudah parah, maka jalan satu-satunya adalah melalui operasi.

Sinusitis sendiri tidak dapat diobati dengan obat biasa, harus ada resep dokter untuk mendapatkan obat yang tepat. Berikut ini beberapa kondisi dimana pasien harus melakukan operasi untuk menyembuhkan penyakit ini :

1. Sinusitis yang berulang
2. Adanya infeksi jamur
3. Terdapat Polip hidung
4. Infeksi yang menyebar ke bagian tulang
5. Terdapat kelainan struktural pada bagian hidung atau rongga sinus
6. Sinusitis kronis yang disertai HIV

Operasi sinusitis terbilang cepat, berkisar antara 1 hingga 2 jam. Pasien juga tidak perlu melakukan rawat inap jika tidak dalam tahapan yang kronis. Setelah melakukan operasi, pasien akan merasakan rasa sakit, memar dan juga bengkak.

Ketika melakukan operasi sinusitis, terdapat beberapa resiko, sama halnya seperti operasi pada umumnya. Yang paling sering terjadi adalah pendarahan. Selain itu beberapa efek samping seperti gangguan penglihatan, kerusakan pada mata ataupun jaringan disekitarnya serta mati rqasa permanen pada gigi bawah dan wajah juga bisa terjadi.

Tidak jarang pasien mengalami gangguan pada bagian penciumannya setelah melakukan operasi ini. Apabila harus melakukan operasi sinusitis, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter dan pihak keluaga terkait resiko yang mungkin akan terjadi pasca operasi.

Gunakan Bahan Alami Ini Agar Wajah Dapat Terhindar Dari Jerawat

Kehadiran jerawat pada wajah tentu menjadi hal yang sangat menyebalkan, baik untuk wanita maupun pria, terlebih lagi jika wajah kalian berminyak. Untuk menghilangkan jerawat maupun minyak pada kulit wajah, memang tidak mudah. Tetapi kalian bisa mengatasinya jika menggunakan bahan alami ini sebagai masker wajah.

Bahan pertama yang bisa kalian gunakan adalah lemon. Lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh untuk untuk memperindah kulit, termasuk kulit wajah. Kalian dapat menggunakan perasan air lemon untuk perawatan kulit wajah. Caranya juga cukup mudah, kalian hanya perlu memeras jeruk lemon lalu dibalurkan di wajah. Diamkan selama 15 hingga 30 menit lalu bilang menggunakan air hangat.  Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu kalian juga bisa menggunakan madu. Madu sendiri sangat berperan aktif sebagai anti inflamasi dan antioksidan. Kalian dapat menggunakan madu untuk masker wajah. Madu yang digunakan harus madu asli dan bukan madu buatan. Untuk cara aplikasinya juga cukup mudah, campurkan madu dengan sedikit air hangat lalu usapkan ke seluruh bagian wajah. Lakukan secara rutin agar hasil bisa maksimal.

Bagi kalian yang memiliki masalah dengan minyak berlebih pada wajah, kalian bisa menggunakan lidah buaya. Kalian hanya perlu mengambil dagingnya lalu diblender dan dijadikan masker. Aplikasikan masker lidah buaya selama setengah jam sebelum tidur lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin agar dapat menghasilkan efek maksimal. Kalian juga bisa mencampurkan lidah buaya dengan perasan lemon, madu serta bengkoang untuk hasil yang lebih maksimal.

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Melakukan Hubungan Seksual ?

Setelah melakukan hubungan seksual dengan pasangan, biasanya orang akan memilih untuk langsung tidur tanpa membersihkan diri terlebih dahulu. Padahal ada begitu banyak penyakit yang dapat terjadi jika kita tidak membersihkan diri setelah melakukan hubungan seksual. Salah satu infeksi yang dapat terjadi setelah melakukan hubungan seksual adalah urinary tract infection atau infeksi saluran kencing. Lalu apa yang harus dilakukan setelah melakukan hubungan seksual agar terhindar dari infeksi tersebut ?

1. Buang air kecil

Terdengar konyol bukan ? Namun dengan membuang air kecil, kita dapat membuang bakteri yang ada pada kemaluan ( khususnya pria ). Pasalnya ketika melakukan hubungan seksual, bakteri dapat ikut masuk melalui saluran kencing, oleh karena itu sangat disarankan untuk buang air kecil sesaat setelah melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

2. Cuci tangan

Ya, cuci tangan ! Sama halnya dengan poin pertama, terdengar sepele namun sangat besar manfaatnya. Untuk para wanita, sangat disarankan untuk membasuh tangan dengan sabun anti bakteri untuk menghindari bakteri yang menempel pada tangan setelah memegang daerah kemaluan pasangan.

3. Membasuh daerah kemaluan

Perlu menjadi catatan, jangan membersihkan area kemaluan dengan sabun ataupun bahan anti bakteri lainnya. Cukup basuh menggunakan air hangat saja dari bagian depan ke bagian belakang. Mengapa demikian ? Pasalnya sabun memiliki PH yang berbeda sehingga dapat menggangu kestabilan PH yang ada pada daerah kemaluan.

4. Minum segelas air

Ketika melakukan hubungan seksual, tubuh akan kekurangan cairan, dengan meminum segelas air ataupun minuman isotonik, tubuh akan kembali terhidrasi dan kalian dapat beristirahat dengan lebih nyaman.

Itu dia beberapa hal yang wajib dilakukan setelah melakukan hubungan seksual. Jagalah kebersihan daerah kemaluan agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, termasuk HIV.

 

Pahami Kandungan Yang Ada Pada Susu Bubuk Dan Kental Manis

Pernah tidak kalian melihat iklan susu yang menggembor-gemborkan kandungannya ? Kita ambil contoh saja, banyak sekali merk susu yang mengatakan memiliki kandungan Omega-3, padahal kandungan tersebut sangat sedikit. Sebenarnya hal ini memang benar adanya, tetapi jika yang dikonsumsi adalah susu murni yang belum melalui proses pabrikan.

Menurut Dr. Matthew, iklan yang digembor-gemborkan hanyalah strategi marketing. Bahkan Dr. Matthew juga mengatakan bahwa kandungan asli dari total keseluruhan yang dibutuhkan tubuh yang bisa didapatkan dari susu yang sudah dijadikan bubuk atau kental manis tidak lebih dari 10%. Bayangkan betapa sedikitnya kandungan yang ada pada susu bubuk maupun kental manis.

Agar lebih paham mengenai kandungan dalam susu kemasan, baik itu bubuk atau kental manis, perhatikan gambar dibawah ini:


Bayangkan, untuk susu segar memang memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, tetapi coba kalian lihat kandungan yang ada pada susu kental manis. Bukan khasiat yang akan kalian dapatkan melainkan DIABETES ! Ya, DIABETES ! Perhatikan kandungan gula yang ada pada susu kental manis, kandungan tersebut bahkan melebihi total seluruh kandungan yang menyehatkan tubuh !

Jadi jangan sampai terjebak iklan yang mengatakan bahwa susu yang dijual memiliki banyak kandungn. Susu yang baik adalah susu murni yang telah dipasteurisasi. Sedangkan untuk balita sangat disarankan untuk meminum ASI hingga ia berusia 2 tahun.

Perlu menjadi renungan, apakah sudah benar kita mengkonsumsi susu tersebut ? Atau jangan-jangan selama ini kita hanya menimbun racun dalam tubuh ? Lets think about it !

Manfaat Dibalik Merahnya Warna Buah Naga

Buah naga merupakan jenis buah yang sangat digemari, selain memiliki rasa yang manis, buah naga juga memiliki banyak kandungan yang sangat menyehatkan. Mau tahu apa saja manfaat yang bisa kalian dapatkan jika mengkonsumsi buah naga secara rutin ?

Kandungan mineral dan vitamin yang terkandung pada buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah naga juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa menghidrasi tubuh dengan baik. Selain itu kandungan mineral dan vitamin C yang ada pada buah naga juga sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Buah naga juga sangat baik untuk dikonsumsi karena mampu mencegah kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga mampu menangkal radikal bebas yang ada di udara. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan kanker adalah radikal bebas, dengan adanya antioksidan yang tinggi pada buah naga, tubuh akan menjadi lebih kuat sehingga dapat menanggal radikal bebas tersebut.

Meski memiliki kandungan yang sangat menyehatkan tubuh, tetapi kita juga tidak boleh mengkonsumsi buah naga terlalu banyak karena dapat memicu perut kembung. Ini dikarenakan kandungan air dan mineral yang tinggi pada buah naga. Selain itu buah naga juga bisa memicu kambuhnya maag, jadi jika kalian ingin mengkonsumsi buah naga, kalian harus tahu takaran yang tepat agar dapat merasakan manfaat buah naga secara maksimal.

Apakah Pterygium Berbahaya Dan Dapat Menyebabkan Kebutaan ?

Salah satu penyakit mata yang cukup sering ditemui adalah pterygium. Penyakit ini ditandai dengan tumbuhnya selaput mpada permukaan bola mata dan dapat terjadi pada kedua bola mata sekaligus. Sebenarnya penyakit ini termasuk kedalam lesi nonkanker yang jarang menyebabkan komplikasi, namun pterygium dapat terus tumbuh dan menutupi pupil mata sehingga menggangu penglihatan penderitanya.

Gejala dari pterygium adalah : 

Mata kemerahan, iritaswi, gatal, perih, pandangan kabur, terasa ada yang mengganjal pada daerah mata.

Jika terdapat gejala semacam itu, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendeteksi adanya pterygium atau tidak. Perawatan dini akan mengurangi resiko terjadinya komplikasi.

Penyebab dari pterygium masih belum pasti. Namun kondisi ini sering menyerang mereka yang memiliki banyak aktivitas diluar ruangan. Paparan sinar matahari, debu, asap, serta angin berpotensi meningkatkan resiko penyakit ini.

Perlu diingat, metode operasi dapat beresiko mengurangi daya penglihatan karena adanya bekas luka atau goresan pada kornea. Jika masih dalam kondisi yang ringan, penyakit ini dapat diobati dengan obat tetes mata yang mengandung streoid dan lubrikasi.

Operasi harus dilakukan apabila :

  1. Penanganan dengan metode lain tidak efektif.
  2. Adanya resiko penurunan kemampuan menglihat jika dibiarkan lebih lama.

Setelah melakukan operasi pterigyum, pasien perlu melakukan kontrol selama setahun untuk melihat perkembangan dan penyembuhan bekas operasi. Untuk penderita yang baru melakukan operasi, sangat tidak dianjurkan untuk berada diluar ruangan, jika memang harus keluar, gunakan kacamata hitam dan topi saat bepergian.

 

Bahaya Dibalik Manisnya Gula Dan Asinnya Garam

Sering mendengar orang dan pakar kesehatan yang mengatakan banyak mengkonsumsi makanan manis atau asin dapat memicu berbagai jenis penyakit bukan ? Namun pernahkah kalian berfikir mana yang lebih berbahaya antara gula dan garam. Mari kita bahas lebih dalam disini.

Sebenarnya gula dan garam merupakan benda yang dibutuhkan tubuh. Kedua makanan ini berfungsi untuk memberikan kita energi, terlebih lagi gula. Semua zat yang terkandung dalam garam dan gula sangat berguna untuk memberikan kita tambahan energi. Coba kalian lihat ada berapa banyak kandungan gula dalam sebotol minuman berenergi ? Kaget dengan angka tersebut ? Itu karena tubuh membutuhkan gula untuk diubah menjadi energi.

Sedangkan zat mineral yang disebut natrium juga dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh menggunakan zat ini untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Lalu apakah garam dan gula sama bahaya nya ? Jawabannya tidak !

Memang mengkonsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan hipertensi dan juga darah tinggi. Semakin banyak mengkonsumsi garam, cairan yang ada di dalam tubuh juga akan semakin berkurang. Hipertensi dapat berujung pada beberapa masalah kronis seperti stroke, gagal jantung serta serangan jantung.

Tetapi gula jauh lebih berbahaya lagi. Gula dapat menyebabkan komplikasi yang jauh lebih berbahaya dari garam. Jika kita kebanyakan mengkonsumsi gula, insulin yang terkandung pada gula dapat menahan cairan di ginjal yang akan berakhir pada hipertensi. Jadi hal-hal yang berbahaya yang dapat terjadi karena garam juga dapat terjadi jika kita mengkonsumsi gula secara berlebihan.

Gejala Dan Penanganan Pertama Pada Penderita Asma

Asma dapat terjadi kepada siapa saja, faktor pemicunya juga beragam. Walau asma tidak bisa disembuhkan, namun penyakit ini dapat diantisipasi dan dicegah. Jika penderita asma mendapatkan pengobatan yang tepat, maka gejalanya dapat dikendalikan.

Berikut ini adalah gejala serangan asma :

1. Mengek atau bengek, biasanya penderita akan mengeluarkan bunyi “ngik” ketika bernafas.

2. Sesak nafas serta nafas pendek

3. Dada terasa penuh dan berat.

4. Batuk parah, sering terjadi dimalam hari sehingga penderita kesulitan untuk tidur.

5. Secara tiba-tiba mengalami lemas.

6. Sesak nafas hingga membuat penderita kesulitan berbicara.

Jika gejala sudah parah, biasanya ditandai dengan sesak nafas parah, kulit pucar, bibir dan juga jari tampak kebiruan. Jika tidak langsung ditangani, maka bisa berujung pada kematian.

Pelajari cara penanganan pertama ketika asma menyerang:

Pertama-tama coba cari posisi duduk yang nyaman. Tetap tenang dan jangan panik. Setelah itu semprotkan inhaler setiap 30 – 60 detik sekali, maksimal 10 semprotan. Jika tidak memiliki inhaler, segera hubungi ambulans. Jika ambulans tidak kunjung tiba, telepon orang terdekat untuk memberikan bantuan.

Jika ada penderita asma yang terserang gejala asma, maka kalian bisa membantunya dengan cara berikut ini :

1. Jika gejala terasa parah, segera hubungi ambulans.

2. Bantu penderita asma untuk duduk dengan nyaman, dan jauhi faktor penyebab asma seperti tempat berdebu, udara dingin ataupun hewan peliharaan.

3. Berikan inhaler kepada penderita asma, jika tidak memiliki inhaler, coba gunakan inhaler yang ada di kotak p3k, jangan pernah menggunakan inhaler penderita asma lainnya.