Berat Badan Yang Ideal
Kesehatan

Berat Badan Yang Ideal Belum Tentu Sehat

Adultcareflorida.net, Jakarta – Memiliki berat badan yang ideal belum tentu sehat dan terbebas dari berbagai penyakit. Tentu saja memiliki obesitas atau berat badan berlebih dapat menimbulkan resiko berbagai penyakit seperti diabetes, serangan jantung dan stroke. Hal ini juga sering terjadi pada semua orang yang memiliki berat badan yang ideal.

Berat badan yang ideal tentu dapat mengunakan kalkulator IMT (Index Massa Tubuh). Namun IMT tidak bisa menjadi pengukur yang cocok untuk mengecek kesehatan orang.

Hal tersebut karena cara penghitungan IMT hanya dapat tinggi badan dan berat badan yang dimiliki. Kekurangan dari IMT hanya tidak dapat menghitung jumlah lemak yang ada di dalam tubuh. Seorang binaragawan bisa memiliki jumlah IMT yang tinggi, walaupun kadar lemak yang ia memiliki cukup rendah.

Jumlah kadara lemak yang tinggi didalam tubuh sangat penting untuk menentukan resiko orang terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Orang Kurus Dapat Memiliki Lemak Yang Banyak

Berdasarkan penjelasan mengenai IMT bisa kita simpulkan bahwa orang yang memiliki berat badan yang ideal tentu akan memiliki nilai lemak tubuh yang berlebihan. Hal ini biasanya disebut Thin Outside, Fat Inside yang artinya kurus diluar, gemuk didalam.

Mengenai pembahasan ini bahwa lemak tubuh terdapat dua jenis seperti lemak Viseral dan lemak Subkutan. Lemak Viseral itu terdapat pada rongga perut yang berdekatan dengna organ tubuh, sedangkan lemak Subkutan itu terdapat di bawah kulit.

Kelebihan lemak Viseral bisa mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh karena dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti :

  • Serangan Jantung.
  • Stroke.
  • Diabetes.
  • Kanker.

Terus, Berat Badan Ideal Yang Sehat Itu Bagaimana?

Nah, untuk memiliki berat badan ideal yang sehat itu cukup menjaga kada lemak tubuh agar tidak berlebihan. Berikut merupakan tips pola sehat yang dapat diterapkan :

  • Olahraga yang rutin.
  • Konsumsi makanan sehat yang bergizi.
  • Mengimbangi asupan makanan seperti protein, serat, karbohidrat dari sayuran dan buah-buahan.
  • Membatasi atau mengatur makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans seperti makanan siap saji agar dapat mencegah kolestrol yang berlebihan.
  • Batasi makanan atau minuman yang manis, seperti soft drink maupun ice cream.
  • Menghindari stress.

Tidak sulit bukan? Beberapa tips diatas bisa kalian terapkan setiap hari agar kalian dapat memiliki berat badan ideal yang ideal. Selamat mencoba ya!

Opsss, ada satu hal yang perlu disampaikan yaitu selalu cek kondisi kesehatan ke dokter, lalu berkonsultasi langsung dengan dokter gizi agar dapat memastikan bahwa kalian sudah memiliki berat badan yang ideal dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *