Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh
Kesehatan

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Banyak orang yang mengatakan bahwa minyak kelapa itu sangat baik untuk kesehatan. Tidak sedikit juga orang yang menggantikan minyak goreng biasa dengan minyak kelapa. Pernyataan tersebut memang benar adanya. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika menggunakan minyak kelapa.

Lemak yang terkandung didalam minyak biasa adalah trigliserida rantai panjang ( long-chain triglycerides ata LCTs ). Jenis lemak ini merupakan jenis lemak jahat yang dapat memberikan dampak negatif pada tubuh, berbeda dengan kandungan yang ada pada minyak kelapa. Kandungan yang ada pada minyak kelapa adalah medium chain triglycerides ( MCTs ). Lalu dimana perbedaannya ? Untuk MCTS, tubuh akan dengan sekejap mengubah lemak tersebut sebagai energi yang akan digunakan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai aktivitas, jadi tidak akan menumpuk dan berubah menjadi lemak tubuh penyebab obesitas.

Kandungan yang ada pada minyak kelapa juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Karena lemak yang terkandung adalah MCTs, maka mengkonsumsi minyak ini tidak akan berpenrauh buruk terhadap kesehatan jantung. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan pada warga Tokelauan yang tinggal di daerah Pasifik Selatan, tingkat penyakit jantung yang terjadi jauh lebih kecil 60% dari warga perkotaan yang tidak mengkonsumsi minyak kelapa.

Dengan adanya kandungan MCTs, pembakaran kalori dalam tubuh dapat dipercepat. Jika mengkonsumsi minyak kelapa sebelum beraktivitas dapat menambah pembakaran hingga 5%, memang tidak banyak, tetapi jika dijumlahkan dalam satu hari bisa mencapai 120 kalori. Cukup berguna bukan ?

Jadi tidak ada salahnya bukan untuk mengganti minyak biasa dengan minyak kelapa. Memang sedikit lebih mahal, tetapi manfaatnya terbukti jauh lebih baik, jadi kenapa tidak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *