Kenali Tiga Jenis Obat Kumur Beserta Fungsinya
Kesehatan

Kenali Tiga Jenis Obat Kumur Beserta Fungsinya

Dalam menjaga kebersihan mulut, biasanya orang akan menggunakan cairan kumur. Tetapi banyak yang tidak tahu bahwa obat kumur memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini tiga jenis obat kumur yang perlu kalian ketahui beserta kegunaannya.

Pertama, obat kumur dengan kandungan fluoride. Obat kumur jenis ini memiliki kegunaan untuk memperkuat enamel gigi. Apa itu enamel ? Enamel adalah zat putih yang ada pada tulang gigi. Sebenarnya obat kumur jenis ini jarang digunakan karena sudah ada banyak pasta gigi yang mengandung fluoride.

Untuk orang dengan penyakit xerostomia atau kekeringan mulut yang tidak normal, biasanya dokter akan menganjurkan untuk menggunakan obat kumur berfluoride karena dapat kondisi mulut kering memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami kerusakan gigi. Oleh sebab itu penggunaan obat kumur berfluoride sangat dianjurkan.

Kedua, obat kumur untuk nafas. Berbeda dengan obat kumur pertama, obat kumur jenis ini biasanya digunakan untuk memberikan nafas yang segar kepada pengguna. Biasanya ada beberapa bahan tambahan yang dapat memberikan wewangian ekstra pada mulut, misalnya saja mint. Selain itu obat kumur untuk nafas biasanya mengandung kandungan yang dapat membunuh kuman didalam mulut sehingga mulut tetap terjaga kebersihannya.

Ketiga, obat kumur antiplak. Obat kumur ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan plak yang menempel pada gigi. Biasanya obat kumur jenis ini digunakan dua kali sehari setelah membersihkan gigi menggunakan benang gigi. Penggunaan obat kumur ini harus disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, karena tidak semua pengguna membutuhkan obat kumur jenis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *