Hindari Mengkonsumsi Makanan Ini Agar Asam Urat Kalian Tidak Kambuh !
Kesehatan

Hindari Mengkonsumsi Makanan Ini Agar Asam Urat Kalian Tidak Kambuh !

Jika kalian sering mengalami rasa sakit di area persendian dan rasa sakit yang menyerang sering datang di waktu yang tidak terduga, kalian perlu mewaspadai gejala tersebut, takutnya sakit yang menyerang bukanlah sakit biasa melainkan gejala awal asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang diakibatkan oleh uric acid. Zat ini adalah zat yang dikeluarkan oleh tubuh yang seharusnya dibuang melalui keringan dan juga air seni, sayangnya jumlah purin yang terlalu banyak tidak bisa sepenuhnya dibuang dan akhirnya menumpuk di persendian yang mengakibatkan rasa sakit yang teramat sangat parah.

Bagi penderita asam urat, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Makanan ini wajib dihindari karena memiliki kandungan purin yang sangat tinggi yang dapat berpotensi meningkatkan kadar purin dalam tubuh. Makanan yang paling haram untuk dikonsumsi adalah jeroan, bebek, ikan sarden dan makarel, seafood, alkohol, minuman bersoda serta kacang-kacangan. Makanan ini wajib dihindari karena memiliki kandungan purin yang sangat tinggi.

Untuk beberapa jenis makanan memang masih diperbolehkan, tetapi kadar yang diperbolehkan harus diperhatikan. Misalnya saja untuk konsumsi daging, kadar yang paling aman adalah 50 gram perharinya, untuk ikan juga hanya diperbolehkan 50 gram perharinya, untuk kacang-kacangan jangan pernah melebihi 25 gram perhari, untuk jamur hanya diperbolehkan 100 gram perharinya.

Makanan yang paling cocok untuk penderita asam urat adalah makanan yang mengandung karbohidrat komplek. Biasanya karbohidrat kompleks dapat ditemukan pada buah-buahan. Hindari makanan manis dan makanan yang mengandung lemak. Jika yang dikonsumsi adalah lemak sehat, itu tidak menjadi masalah, misalnya saja buah alpukat.

Konsumsi protein juga perlu diperhatikan. Biasanya protein dapat ditemukan di telur, dada ayam, beberapa jenis ikan dan juga susu. Penderita asam urat juga perlu mengkonsumsi vitamin C secara rutin. Untuk air putih, seorang penderita asam urat perlu meminum 1,5 liter air putih agar purin dapat dikeluarkan melalui air seni ataupun keringat. Dan yang terakhir, penderita asam urat perlu menjaga berat badan. Salah satu penyebab asam urat adalah berat badan berlebih, jadi kalian perlu berolahraga secara rutin agar kadar asam urat tidak meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *