Pahami Bentuk Puting Payudara Yang Sehat Pada Perempuan
Kesehatan

Pahami Bentuk Puting Payudara Yang Sehat Pada Perempuan

Tidak dapat dipungkiri ada banyak wanita diluar sana yang khawatir dengan bentuk puting payudaranya karena dianggap tidak normal. Tidak perlu langsung merasa cemas dan khawatir, bentuk puting yang tidak simetris masih tergolong puting yang normal menurut ilmu kesehatan. Berikut ini beberapa tipe puting payudara yang ada pada wanita.

Bentuk pertama adalah bentuk normal. Bentuk ini merupakan bentuk paling umum yang bisa ditemukan pada wanita. Bentuk puting ini tidak terlalu besar maupun kecil. Puting jenis ini terletak beberapa mm dari bagian areola. Areola merupakan lingkar luar yang biasa ada disekeliling puting payudara. Puting jenis ini akan mengeras jika ada stimulasi yang terjadi.

Bentuk kedua adalah bentuk flat. Bentuk jenis ini juga masih tergolong normal. Puting jenis ini memang terlihat sedikit masuk kedalam payudara dan biasanya tidak akan keluar meskipun menerima stimulasi. Tetapi puting jenis ini tetap akan mengeras saat menyusui.

Bentuk ketiga ada bentuk puffy.  Untuk bnetuk jenis ini sedikit berbeda karena memiliki bentuk yang lebih besar dan area areola lebih besar ketimbang biasanya. Puting jenis ini biasanya ditemukan pada wanita yang sedang menyusui.

Bentuk keempat adalah inverted. Puting jenis ini merupakan puting yang cenderung masuk kedalam. Untuk puting jenis ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama adalah puting yang bisa muncul keluar saat menerima stimulasi, kedua adalah puting yang bisa ditarik melalui proses operasi dan ketiga adalah puting yang tidak bisa diubah lagi keadaannya meski melalui jalur operasi.

Dengan memahami bentuk puting payudara yang benar, kita bisa melihat apakah bentuk milik kita itu normal atau tidak. Jadi jangan terlalu cepat datang ke dokter karena bentuk puting payudara tidak simetris. Ketidak simetrisan masih dimaklumi dalam dunia kedokteran, terkecuali ada gangguan pada bagian payudara seperti terasa sakit atau ada benjolan barulah kalian harus segera memeriksanya ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *