Mengenal Hipertensi Secara Mendalam
Kesehatan

Mengenal Hipertensi Secara Mendalam

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi yang datang tanpa aba-aba atau pemberitahuan terlebih dahulu. Penyakit ini datang tiba-tiba dan sulit untuk dideteksi.

Salah satu cara untuk mencegah hipertensi adalah dengan menjaga asupan garam yang masuk kedalam tubuh. Namun itu hanya satu dari banyak cara yang harus dilakukan. Untuk itu kita perlu tahu makanan apa saja yang dapat “menaklukkan” hipertensi.

Untuk tekanan darah yang normal adah 120/80. Untuk ukuran kisaran yang melebihi normal dibagi kedalam kategori seperti ini :

1. Tekanan darah 120-139 ( sistolik ) atau 80-89 ( diastolik )

2. Hipertensi tahap 1 -> 140 – 159 ( sistolik ) atau 90 – 99 ( diastolik )

3. Hipertensi tahap 2 -> 160 keatas ( sistolik ) atau 100 keatas ( diastolik ).

Banyak orang yang tidak tahu akan kondisi tubuh sendiri dan dengan bebas mengkonsumsi makanan yang justru dapat membahayakan tubuh atau meningkatkan angka hipertensi.

Untuk pengidap hipertensi, hindari makanan yang mengandung sodium atau natrium dalam kadar yang tinggi. Semakin sedikit natrium dan sodium yang masuk, maka angka hipertensinya juga akan semakin mengecil.

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium, magnesium dan juga serat untuk menstabilkan tekanan darah. Untuk mengkonsumsi makanan dalam kemasan, perhatikan komposisi dan kandungan yang ada pada label kemasan.

4 prinsip utama Dietary Approaches to Stop Hypertension :

1. Tingkatkan asupan biji-bijian utuh, ikan, unggas dan kacang.

2. Tingkatkan asupan buah dan sayuran hijau.

3. Kurangi garam, gula, serta daging merah.

4. Kurangi makanan dengan lemak jenuh dan berkolestrol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *