Olahraga Ringan Yang Paling Tepat Untuk Penderita Nyeri Lutut
Kesehatan

Olahraga Ringan Yang Paling Tepat Untuk Penderita Nyeri Lutut

Serangan nyeri lutut memang tidak dapat diprediksi. Rasa sakit ini dapat menyerang tanpa tanda-tanda yang jelas. Biasanya orang akan memilih untuk beristirahat seharian untuk menghilangkan sakit tersebut, sayangnya carqa tersebut merupakan cara yang salah. Untuk menghilangkan nyeri pada lutut, penderita bisa melakukan olahraga sederhana berikut ini.

Olahraga ringan pertama adalah dengan berjalan kaki ringan. Jalan kaki merupakan aktivitas ringan yang tidak akan memberi beban berlebih pada persendian. Selain mudah untuk dilakukan, berjalan kaki ringan secara rutin juga dapat mengobati rasa nyeri pada lutut. Ketika berjalan, usahakan pilih jalan yang rata agar tidak membebani persendian.

Ilustrasi jalan kaki olahraga untuk orang dengan nyeri lutut (iStock)

Bersepeda juga sangat cocok untuk menyembuhkan nyeri lutut. Bersepeda bisa diluar ruangan ataupun menggunakan alat bersepeda dalam ruangan. Gerakan mengayuh dapat melatih tendon yang ada di sekitar lutut sehingga melatih sendi yang ada di sekitar lutut. Lakukan secara rutin setiap harinya. Tidak perlu berlama-lama, kalian bisa bersepeda sekitar 30 menit setiap harinya agar kesehatan sendi lutut dapat terus terjaga.

Selain berjalan kaki ringan dan bersepeda, berenang juga dapat menjadi olahraga yang tepat untuk mengobati nyeri lutut. Ini dikarenakan lutut kita akan menerima tekanan dari air sehingga memberikan relaksasi pada otot. Olahraga jenis ini juga sangat cocok bagi mereka yang menderita radang sendi, osteoporosis dan juga fibromyalgia.

Ilustrasi berenang (iStock)

Olahraga terakhir yang dapat dilakukan adalah Yoga. Yoga merupakan olahraga yang berfokus pada stabilisasi energi dalam tubuh. Dengan melakukan Yoga secara rutin, kita dapat memperbaiki ketahanan otot serta menurunkan berat badan. Selain itu yoga juga dapat membuat pikiran kita menjadi lebih rileks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *