Apa Itu Anensefali ? Berbahayakah Anensefali ?
Kesehatan

Apa Itu Anensefali ? Berbahayakah Anensefali ?

Belum banyak yang mengetahui tentang anensefali, sebenarnya apa sih anensefali itu ? Anensefali adalah kondisi bayi tanpa beberapa bagian otak dan tulang tengkorak. Kondisi ini dapat terjadi akibat kurangnya asupan folat ketika sedang dalam masa kehamilan.

Penyakit ini sangat berbahaya bagi si bayi, pasalnya penyakit ini membuat otak, tengkorak, tulang belakang serta sumsum tulang belakang bayi tidak dapat terbentuk dengan sempurna.

Karena hingga saat ini belum ada penanganan yang dapat menyembuhkan bayi dari kondisi ini, maka kita perlu paham cara untuk mencegah atau menurunkan resiko anensefali.

Penyebab Anensefali :

1. Kelainan genetik

2. Zat beracun yang dipaparkan melalui lingkungan sekitar

3. Ibu hamil yang mengalami obesitas

4. Ibu hamil yang sering terpapar udara panas atau suhu tinggi

5. Kekurangan zat folat

 

Ketahui Apa Itu Anensefali - Alodokter

 

Makanan yang mengandung folat :

1. Kacang-kacangan

2. Sayuran berwarna hijau

3. Nasi, roti, sereal, dan pasta

4. Hati sapi

5. Buah-buahan

 

Hingga sekarang, belum ada metode yang bisa menyembuhkan kondisi ini. Biasanya bayi yang mengalami kondisi anensefali akan meninggal hanya berselang satu hingga tiga jam sejak dilahirkan.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu memperhatikan asupan yang dikonsumsi setiap harinya, terutama asupan folat.

Untuk wanita subur, jumlah folat yang harus dikonsumsi setidaknya harus mencapai 400 mikrogram setiap harinya. Untuk wanita yang sedang hamil perlu mengkonsumsi setidaknya 400 – 600 mikrogram setiap harinya.

Namun bagi wanita yang pernah melahirkan bayi yang cacat, paling tidak mereka harus mengkonsumsi sekitar 4.000 mikrogram folat setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *