Penanganan Pertama Pada Luka Bakar Ringan
Kesehatan

Penanganan Pertama Pada Luka Bakar Ringan

Luka bakar sering kali terjadi dalam kehidupan sehari hari kita, entah disengaja ataupun tidak . Luka bakar yang paling sering terjadi biasanya dikarenakan terkena air panas ataupun cipratan minyak ketika memasak.

Dalam menangani luka bakar ringan, kita tidak memerlukan obat-obatan dari dokter. Berikut cara penanganan luka bakar ringan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah mengoleskan odol atau pasta gigi pada daerah kulit yang terluka. Karena odol bersifat “dingin”, rasa panas dan nyeri yang diakibatkan luka bakar dapat sedikit berkurang.

Gambar terkait

Cara kedua adalah menggunakan potongan lidah buaya. Jika kalian memiliki lidah buaya di rumah, coba haluskan daging lidah buaya lalu oleskan pada bagian yang terluka. Lidah buaya dikenal sebagai bahan yang penuh dengan antioksidan dan anti inflamasi sehingga dapat meredakan rasa sakit dan panas akibat luka bakar.

Gambar terkait

Cara ketiga adalah menggunakan madu. Sudah sejak dahulu kala madu dipercaya sebagai obat anti inflamasi yang efektif. Dengan mengoleskan madu pada area luka bakar, tidak hanya dapat mengurangi rasa sakit, madu juga dapat meremajakan kulit berkat kandungan vitamin yang tinggi.

Hasil gambar untuk madu

Cara keempat adalah menggunakan salep khusus luka bakar.  Salep jenis ini dapat ditemukan dengan mudah di apotik ataupun supermarket. Harganya juga cukup murah, jadi tidak ada salahnya menyimpan salep khusus luka bakar di rumah untuk sebagai tindakan pertama dalam penanganan luka bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *