Bahaya Dibalik Manisnya Gula Dan Asinnya Garam
Kesehatan

Bahaya Dibalik Manisnya Gula Dan Asinnya Garam

Sering mendengar orang dan pakar kesehatan yang mengatakan banyak mengkonsumsi makanan manis atau asin dapat memicu berbagai jenis penyakit bukan ? Namun pernahkah kalian berfikir mana yang lebih berbahaya antara gula dan garam. Mari kita bahas lebih dalam disini.

Sebenarnya gula dan garam merupakan benda yang dibutuhkan tubuh. Kedua makanan ini berfungsi untuk memberikan kita energi, terlebih lagi gula. Semua zat yang terkandung dalam garam dan gula sangat berguna untuk memberikan kita tambahan energi. Coba kalian lihat ada berapa banyak kandungan gula dalam sebotol minuman berenergi ? Kaget dengan angka tersebut ? Itu karena tubuh membutuhkan gula untuk diubah menjadi energi.

Gambar terkait

Sedangkan zat mineral yang disebut natrium juga dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh menggunakan zat ini untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Lalu apakah garam dan gula sama bahaya nya ? Jawabannya tidak !

Memang mengkonsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan hipertensi dan juga darah tinggi. Semakin banyak mengkonsumsi garam, cairan yang ada di dalam tubuh juga akan semakin berkurang. Hipertensi dapat berujung pada beberapa masalah kronis seperti stroke, gagal jantung serta serangan jantung.

Tetapi gula jauh lebih berbahaya lagi. Gula dapat menyebabkan komplikasi yang jauh lebih berbahaya dari garam. Jika kita kebanyakan mengkonsumsi gula, insulin yang terkandung pada gula dapat menahan cairan di ginjal yang akan berakhir pada hipertensi. Jadi hal-hal yang berbahaya yang dapat terjadi karena garam juga dapat terjadi jika kita mengkonsumsi gula secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *