Mengapa Bayi Prematur Butuh Inkubator ?
Kesehatan

Mengapa Bayi Prematur Butuh Inkubator ?

Semua ibu tentu menginginkan proses persalinan yang normal. Namun terkadang ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seorang bayi lahir prematur. Bayi prematur adalah bayi yang lahir dengan usia kandungan dibawah 37 minggu.

Kondisi tersebut membuat beberapa organ yang ada didalam tubuh si bayi tidak sempurna. Oleh karena itu, mereka perlu bertahan hidup diluar rahim dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada diluar, salah satu alat yang digunakan untuk bayi prematur adalah inkubator.

Sebenarnya apa kegunaan dari inkubator tersebut ?

Kegunaan pertama adalah menjaga suhu agar tetap stabil. Jaringan yang ada pada bayi prematur masih belum bisa menstabilkan suhu sehingga dengan adanya inkubator, suhu tubuh bayi dapat terjaga dengan baik. Selain itu inkubator juga melindungi bayi dari serangan bakteri dan virus.

Inkubator juga memberikan asupan oksigen bagi si bayi. Dalam kondisi prematur, bayi akan kesulitan mendapatkan oksigen. Dengan adanya inkubator, bayi dapat bernafas dengan baik sehingga otak bayi akan berkembang dengan sempurna.

Selain itu, dengan inkubator, tim medis dapat memantau kondisi si bayi melalui NICU. Dokter dapat melihat detak jantung, suhu tubuh, pernafasan, kadar oksigen dan juga tekanan darah si bayi melalui monitor yang ada di mesin inkubator.

Tidak hanya itu saja, inkubator juga dapat mengobati penyakit kuning pada tubuh. Biasanya bayi yang lahir prematur sangat rentan diserang penyakit kuning. Nah, dengan penggunaan alat ini, tim medis dapat menekan presentasi terjangkitnya penyakit kuning pada bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *