Dibalik Aromanya, Ternyata Kopi Punya Manfaat Baik Bagi Tubuh
Minuman Sehat

Dibalik Aromanya, Ternyata Kopi Punya Manfaat Baik Bagi Tubuh

Mengawali hari dengan menyeruput secangkir kopi hitam panas merupakan aktivitas yang paling sering kita temui, baik itu dirumah maupun ditempat kerja. Kopi saat ini sudah seperti kebutuhan pokok yang harus ada setiap harinya. Tidak bisa kita pungkiri, dengan mengkonsumsi kopi, kita merasa lebih bertenaga sehingga banyak yang mengkonsumsi kopi sebagai minuman penghilang kantuk. Mau tahu manfaat kopi bagi tubuh kita ?

Salah satu kegunaan kopi bagi kita adalah sebagai penghilang rasa kantuk. Kandungan kafein yang ada pada kopi mampu memberikan kita sensasi “melek”. Dengan adanya kandungan kafein pada kopi, tubuh akan menjadi lebih waspada sehingga kita akan merasa lebih segar ketika mengkonsumsi kopi.

Kopi juga mengurangi resiko depresi dan bunuh diri. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, orang yang meminum kopi 2 cangkir sehari akan mengalami penurunan resiko bunuh diri hingga 20%, jauh lebih sedikit ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsi kopi sama sekali. Kopi memiliki efek yang menenangkan pikiran sehingga orang yang meminum kopi akan merasa lebih rileks.

Mengkonsumsi kopi juga dapat meningkatkan daya ingat otak. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh tim medis luar negeri mengungkapkan bahwa kafein yang terkandung dalam secangkir kopi berpengaruh terhadap peningkatan daya ingat otak. Ini dikarenakan otak menjadi lebih segar ketika menerima asupan kafein yang berdampak pada meningkatnya kemampuan mengingat seseorang.

Meski kopi memiliki banyak manfaat, tetapi kopi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Itu dikarenakan kafein yang diterima tubuh akan terus menempel. Semakin banyak jumlah kafein yang masuk ke tubuh, maka dosis kafein yang harus kita konsumsi juga akan meningkat. Kalian hanya boleh mengkonsumsi 1 hingga 2 cangkir kopi perharinya. Jangan mengkonsumsi lebih dari dua cangkir karena kopi juga beresiko meningkatkan asam lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *