Sejuta Manfaat Dibalik Aroma Bau Jengkol
Kesehatan

Sejuta Manfaat Dibalik Aroma Bau Jengkol

Archidendron Pauciflorum atau lebih akrab disapa jengkol adalah makanan yang masuk kedalam jenis kacang-kacangan yang tumbuh di Asia Tenggara. Makanan ini sering dianggap sebagai makanan eksotis oleh banyak orang. Memang banyak orang yang tidak menyukai jengkol karena aroma menyengat yang dimiliki jengkol. Diluar aroma tersebut, ternyata ada segudang manfaat yang bisa diambil dari mengkonsumsi jengkol.

Jengkol mampu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Kandungan protein yang tinggi pada jengkol mampu memberikan efek penyembuhan yang jauh lebih cepat kepada jaringan tubuh yang ruask. Sebagai tambahan informasi, kandungan protein yang ada pada jengkol jauh lebih besar ketimbang kandungan protein yang ada pada kacang hijau.

Jengkol juga sangat efektif untuk mencegah anemia. Kandungan zat besi yang ada pada jengkol dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Jadi bagi kalian yang menderita anemia, mengkonsumsi jengkol dapat menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

Kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi pada jengkol juga dapat menyehatkan tulang, gigi serta mampu mencegah osteoporosis. Jengkol juga memiliki sifat antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas yang ada.

Kandungan vitamin yang ada pada jengkol juga sangat beragam, mulai dari vitamin A, B1, B2 , B6 serta vitamin C. Dengan adanya sifat antioksidan dan berbagai vitamin didalamnya, jengkol menjadi makanan yang ampuh untuk mencegah kanker.

Dibalik aroma bau yang ada pada jengkol, ternyata jengkol memiliki kegunaan yang luar biasa ya. Yuk mulai konsumsi jengkol sejak dini agar tubuh tetap sehat dan tulang tetap terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *