Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Alpukat Dengan Susu Kental Manis ?
Kesehatan

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Alpukat Dengan Susu Kental Manis ?

Buah alpukat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk ibu hamil. Bagi seorang ibu yang sedang mengandung, mereka perlu menjaga kesehatan jantung agar lebih mudah saat melahirkan nanti. Selain itu seorang ibu yang sedang hamil juga perlu menjaga pikiran mereka agar tidak depresi. Untuk menjaga kesehatan jantung, salah satu makanan yang sangat direkomendasikan adalah alpukat. Selain itu mengkonsumsi buah alpukat secara rutin juga dapat mengurangi tingkat depresi.

Namun ada satu hal perlu diperhatikan ketika mengkonsumsi buah alpukat, memang buah ini sangat baik untuk kesehatan, namun jika dikonsumsi bersama bahan lainnya, misalnya saja susu kental manis, manfaat buah alpukat dapat berkurang dan justru dapat berakibat buruk bagi si ibu.

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun lemak jenuh ini akan menghilang ketika ditambahkan dengan susu kental manis. Seperti yang kita ketahui, susu kental manis mengandung gula yang sangat tinggi sehingga berpotensi tertimbun didalam tubuh dan menjadi lemak jika tidak dibakar dengan baik.

Menurut dr.Merry Amelya. SPOG, mengkonsumsi buah alpukat sebagai camilan memang sangat dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil. Namun buah alpukat yang dikonsumsi haruslah alpukat murni yang tidak dicampur dengan bahan makanan lainnya yang mengandung lemak dan juga gula yang tinggi. Pasalnya jika mengkonsumsi buah alpukat dengan campuran bahan manis lainnya sangat beresiko meningkatkan gula darah yang dapat mempengaruhi kesehatan janin.

Hal ini dapat berakibat fatal bagi janin, jika seorang ibu memiliki riwayat penyakit gula, maka besar kemungkinan bayi yang dilahirkan nanti juga akan memiliki masalah kesehatan yang sama. Oleh karena itu mengkonsumsi alpukat dengan tambahan susu kental manis sangat tidak dianjurkan, terkecuali susu kental manis yang digunakan berbanding banyak dengan jumlah alpukat yang dikonsumsi. Perbandingan yang paling tepat adalah 1 : 10, dimana 1 untuk susu kental manis dan 10 untuk jumlah alpukat yang dikonsumsi.

Menurut dr. Merry, buah alpukat lebih baik dikonsumsi secara langsung tanpa menambahkan bahan-bahan lainnya. Selain dapat menyehatkan jantung, buah alpukat juga dapat memberikan tambahan asupan bagi kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *