Bahaya Mengkonsumsi Alkohol Dalam Jumlah Banyak
Kesehatan

Bahaya Mengkonsumsi Alkohol Dalam Jumlah Banyak

Alkohol merupakan minuman yang dapat menyebabkan rasa mabuk hingga tidak sadarkan diri jika di konsumsi secara berlebihan. Secara umum alkohol dikonsumsi oleh seseorang untuk memberikan rasa hangat pada tubuh saat berada dicuaca yang dingin dan bersalju.

Seseorang yang mengonsumsi alkohol dengan kadar tinggi secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan mental atau keracunan bahkan tidak sadarkan diri. Zat yang ada didalam alkohol dapat menyebabkan perasaan “nge-fly” pada seseorang yang dipercaya dapat memberikan rasa senang pada seseorang dalam jangka waktu pendek.

Alkohol merupakan etanol yang dikatakan sebagai salah satu minuman atau zat tertua. Beberapa contoh minuman alkohol yang sering dikonsumsi adalah bir, anggur, vodka, wiski, rum, dll. Hal hal baik yang bisa dialami oleh tubuh ketika kita berhenti mengonsumsi alkohol adalah sebagai berikut:

1. Penurunan Berat Badan

Alkohol mempunyai kandungan nutrisi yang sedikit dan memiliki kalori yang tinggi, itu sebabnya seseorang yang senang minum minuman beralkohol mempunyai berat badan yang tinggi. Selain itu juga orang yang mengonsumsi alkohol mempunyai keinginan untuk makan yang tinggi. Jadi salah satu kebaikan yang bisa didapatkan oleh seseorang yang behenti minum alkohol adalah terjadinya penurunan berat badan.

2. Meningkatkan Kadar Kolesterol

Seorang pecandu alkohol mempunyai kolesterol dalam darah yang sangat tinggi. Kandungan pati yang terdapat pada alkohol akan membuat kolesterol dalam darah menumpuk dan beresiko terjadinya serangan jantung. Berhenti mengonsumsi alkohol dapat menurunkan kadar kolesterol dan jantung menjadi sehat kembali.

3. Merusak Organ Tubuh

Seperti yang kita ketahui, kandungan yang ada didalam alkohol sangat berbahaya, terlebih lagi untuk jantung, lambung dan juga hati. Orang yang mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan beresiko mengalami kerusakan hati 70% lebih besar ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsi alkohol.

Konklusinya adalah alkohol itu berbahaya, namun jika kalian bisa mengkonsumsinya dalam takaran yang tepat, maka alkohol masih diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *