Minum Obat Pakai Air Soda Berbahaya, Hoax Atau Tidak Ya ?
Kesehatan

Minum Obat Pakai Air Soda Berbahaya, Hoax Atau Tidak Ya ?

Hampir semua obat yang ada di pasaran itu memiliki rasa yang pahit. Hal ini membuat orang mencari cara untuk mengkonsumsi obat tanpa perlu memikirkan rasa pahitnya, terlebih lagi untuk anak kecil. Kadang ada orang yang mengkonsumsi obat dengan cara dimasukkan kedalam potongan pisang kecil ataupun menggunakan minuman manis dan bersoda agar rasa pahit dari obat bisa cepat hilang. Namun, sebenarnya boleh tidak sih mengkonsumsi obat dengan air soda ?

Koordinator Pemeriksaan Kesehatan dan Pencegahan Penyakit Fortis Hospital Mohali, India, Dr Rajni Pathak menjelaskan bahwa kadar asam yang ada didalam soda dapat menurunkan kinerja dari antibakteri yang ada didalam obat. Bahkan soda juga bisa menimbulkan alergi jika dikonsumsi bersama beberapa jenis obat-obatan, Tidak hanya itu saja, soda juga dapat menghancurkan zat besi yang ada di dalam suplemen.

Katrina A Bramstedt, Ph.D seorang pakar bioetika Luxembourg Agency for Research Integrity, Eropa menjelaskan bahwa ada beberapa jenis obat yang dapat merusak mulut jika dikonsumsi bersamaan dengan air soda.

Minuman lainnya yang dilarang untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat adalah jus delima, teh hijau, susu, kafein, minuman isotonik, minuman berenergi, alkohol, serta jus anggur. Oleh karena itu, jika ingin meminum obat, alangkah baiknya untuk menggunakan air putih hangat. Air putih dapat membantu kita untuk menelan obat tanpa adanya efek samping bagi tubuh. Selain itu tubuh juga akan terhidrasi dengan baik jika kita rutin minum air putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *