Apakah Boleh Mengkonsumsi Aspirin Dengan Ibuprofen Sekaligus ?
Kesehatan

Apakah Boleh Mengkonsumsi Aspirin Dengan Ibuprofen Sekaligus ?

Aspirin dan Ibuprofen merupakan obat yang digunakan untuk meredakan nyeri. Meski bersifat sebagai painkiller ternyata kedua obat ini juga memiliki kegunaan lainnya seperti menyembuhkan sakit gigi, sakit punggung, nyeri haid sedangkan untuk aspirin sendiri memiliki kegunaan untuk mengobati jerawat.

Meski memiliki kegunaan yang hampir mirip, tetapi penggunaan kedua obat ini secara bersamaan sangatlah dilarang. Mengapa ? Dengan mengkonsumsi kedua obat ini secara bersamaan dapat memicu reaksi alergi seperti gatal-gatal, lecet, ruam, hingga bengkak pada daerah wajah. Resiko yang lebih besar adalah penurunan fungsi pendengaran bahkan hingga kerusakan ginjal.

Bahkan jika kedua obat ini dikonsumsi bersamaan oleh orang yang sudah berusia 60 tahun dan memiliki riwayat sakit maa, meminum steroid atau pengencer darah dan juga pengkonsumsi alkohol, obat ini dapat menyebabkan pendarahan lambung !

Bolehkah Aspirin dan Ibuprofen Diminum Berbarengan?

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh FDA yang menjadi lembaga pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa ibuprofen justru dapat menghambat kerja dari aspirin jika dikonsumsi secara bersamaan.

Gejala paling umum yang sering terjadi ketika mengkonsumsi kedua obat ini secara bersamaan adalah muntah-muntah dan juga nyeri serta diare. Meski begitu, ada beberapa faktor yang mengijinkan kedua obat ini dikonsumsi bersama, tetapi itu harus mengikuti resep dari dokter yang berpengalaman.

Sebagai tambahan catatan, jika kalian memang diharuskan untuk mengkonsumsi ibuprofen, kalian bisa mengkonsumsinya 8 jam sebelum menggunakan aspirin. Jika memang kalian membutuhkan konsumsi ibuprofen sekaligus harus menggunakan aspirin, biasanya dokter akan menganjurkan obat pereda sakit lainnya yang bisa kalian konsumsi secara bersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *