Cara Mengatasi Ketombe Yang Membandel Di Kepala

Ketombe menjadi problem tersendiri bagi beberapa orang. Sebenarnya ketombe itu tidak berbahaya. Apa itu ketombe ? Ketombe merupakan kulit kepala yang terkelupas karena kulit kering ataupun serangan jamur malassezia. Bagi kalian yang sedang mengalami masalah karena ketombe, berikut ini cara efektif untuk mengatasi ketombe yang membandel.

Pertama, kalian bisa mengatasi ketombe menggunakan lidah buaya. Seperti yang kita ketahui, lidah buaya sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Sudah ada banyak produk kesehatan rambut yang menggunakan ekstrak dari lidah buaya. Bagi kalian yang ingin bebas dari masalah ketombe, kalian bisa menggunakan lidah buaya sebagai shampoo alami.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menghaluskan daging lidah buaya. Setelah dihaluskan, aplikasikan ke permukaan kulit kepada sembari dipijat ringan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

Selain itu kalian juga bisa mengatasi ketombe menggunakan daun sirsak. Daun sirsak menjadi bahan yang sangat efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Caranya mudah loh, kalian hanya perlu menghaluskan beberapa helai daun sirsak, setelah halus campurkan dengan sedikit air. Aduk hingga merata lalu aplikasikan ke kulit kepala. Pijat ringan lalu bilas dengan air hangat.

Jika kalian tidak familiar dengan bahan diatas, kalian bisa menggunakan jeruk lemon atau jeruk nipis. Tapi perlu kalian ingat, air perasan kedua bahan ini dapat memberikan rasa sakit jika terkena kulit kepala yang terluka. Jadi pastikan kulit kepala kalian tidak terluka saat menggunakan bahan ini. Itu dia beberapa bahan sederhana yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah ketombe. Selamat mencoba.

Manfaat Dibalik Sayuran Pahit Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat mungkin akan sangat lezat namun hal tersebut akan membuat kondisi badan menjadi mudah letih, lesu dan tidak segar. Bahan pemanis dan pengawet yang ada pada makanan tersebut akan membuat kerja beberapa organ tubuh menjadi lebih berat. Mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran akan mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh kita.

Sayuran seperti buah pare yang mempunyai rasa pahit akan membuat tubih mendapatkan banyak mmafaat salah satunya adalah memecahkan batu ginjal. Selain itu sejumlah manfaat dapat diperoleh ketika seseorang mengkonsumsi sayuran sayuran yang mengandung rasa pahit adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan pencernaan
Sayuran yang memiliki rasa pahir seperti pare mempunyai manfaat untuk meningkatkan pencernaan. Rasa pahit yang dimiliki oleh pare dapat menstimulasi pencernaan.

2. Menjaga kesehatan lambung
Sayuran pahit dapat mengurangi rasa sensitivitas tubuh terhadap makanan tertentu. Rasa pahit tersebut sangat baik untuk kesehatan lambung kita.

3. Membuat kenyang
Sayuran pahit dapat membantu menormalkan proses pencernaan dan mencegah kita mempunyai keinginan untuk makan terlalu banyak hal Ini dikarenakan sayuran pahit seperti pare bisa membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lama.

4. Menjaga gula darah
Mengkonsumsi sayuran pahit sangat bagus untuk mencegah kita terkena penyakit diabetas. Rasa pahit tersebut dapat membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

5. Mencegah terjadinya luka pada lambung
Rasa pahit yang terdapat pada sayuran bisa mencegah terjadinya luka pada lambung karena sayuran tersebut menstimulasi sekresi lendir di perut sehingga kadar alkalin internal perut tetap seimbang dan mengurangi kadar asam di dalam lambung.

Penyebab Utama Terjadinya Impotensi Di Usia Muda

Impotensi menjadi momok yang paling mengerikan bagi kaum pria. Impotensi juga tidak memandang usia, itu berarti anak-anak muda juga bisa terkena penyakit ini.

Impotensi disebut juga disfungsi ereksi dimana penderita tidak mampu mempertahankan penis yang sedang ereksi. Dengan ketidakmampuan penderita tersebut membuat kegiatan seksual menjadi terganggu.

Berikut ini beberapa penyebab utama terjadinya impotensi di usia muda.

1. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol pada usia muda ternyata dapat meningkatkan resiko impotensi. Alhokol dapat menghalangi komunikasi yang dilakukan otak dengan anggota tubuh lainnya. Alhokol juga dapat mempengaruhi sistem syaraf manusia sehingga terjadi ketidak seimbangan antara otak serta saraf yang mengatur ereksi pada penis.

2. Obat

Ada beberapa obat yang dapat beresiko impotensi. Biasanya obat yang dapat berpengaruh langsung adalah obat darah tinggi ataupun hipertensi. Selain itu obat kuat yang dijual untuk hubungan seksual juga dapat mempengaruhi kesehatan syaraf penis. Hindarilah mengkonsumsi obat-obatan seperti ini di usia muda karena dapat beresiko terkena impotensi jika dikonsumsi secara terus menerus.

3. Merokok

Salah satu faktor yang paling krusial adalah merokok. Rokok dapat merusak syaraf serta pembuluh darah sehingga otot dan syaraf pada daerah penis dapat terganggu. Selain itu timbunan nikotin dalam darah juga dapat meningkatkan resiko impotensi.

4. Depresi

Ereksi dihasilkan melalui perasaan bergairah yang ditimbulkan oleh otak. Tetapi karena suatu kendala seperti depresi, otak tidak dapat memproses keinginan seksual dengan benar sehingga penis tidak dapat ereksi dengan baik. Biasanya orang yang sedang depresi akan kehilangan gairah untuk melakukan hubungan seksual.

Itu dia empat hal utama yang dapat menyebabkan impotensi. Hindari hal-hal diatas agar terhindar dari resiko impotensi. Salam sehat !

Ketahui Kondisi Tubuh Yang Kekurangan Protein

Salah satu kandungan yang penting bagi tubuh adalah protein. Untuk seorang pria, kadar asupan protein harian yang dianjurkan adalah 56 gram, sedangkan untuk wanita, kadar asupan protein harian yang tepat adalah 46 gram. Untuk memenuhi kebutuhan protein tersebut, kalian bisa mengkonsumsi berbagai macam daging ataupun susu. Untuk mengetahui tubuh yang kekurangan protein sebenarnya cukup mudah, berikut ini adalah ciri-ciri tubuh yang kekurangan asupan protein.

Pertama adalah selalu merasa lapar. Biasanya orang yang sudah makan dalam jumlah banyak namun tetap merasa lapar, kemungkinan besar ia kekurangan asupan protein. Jika asupan protein tercukupi, maka rasa kenyang akan bertahan lebih lama.

Kedua adalah berkurangnya masa otot. Seperti yang kita tahu, protein merupakan zat yang sangat penting dalam pembentukan otot, jika masa otot berkurang, itu biasanya disebabkan berkurangnya asam amino didalam tubuh, protein merupakan zat yang sangat berpengaruh dalam pembentukan asam amino didalam tubuh.

Ketiga adalah sering jatuh sakit. Salah satu yang akan terjadi pada tubuh ketika kekurangan protein adalah sering terserang bermacam macam penyakit. Imunitas tubuh akan melemah karena kekurangan protein akibatnya tubuh akan sangat mudah terserang bakteri dan virus.

Keempat, Rambut rontok adalah salah satu hal yang bisa ditimbukan karena kekurangan protein dalam tubuh. Gangguan hormon menyebabkan rontoknya rambut karena produksi protein non-esensial terganggu.

Madu, Si Manis Yang Menyehatkan

Salah satu bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh adalah Madu. Selain memiliki rasa yang enak, madu juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Kandungan antibiotik, antiviral dan antiinflamasi yang terkandung dalam madu juga sangat baik untuk mengobati peradangan. Berikut ini kami rangkumkan manfaat dari madu yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Madu dapat menguatkan sistem imunitas tubuh

Seperti yang kita ketahui, madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Kalian bisa mengkonsumsi rebusan air madu yang dicampur dengan lemon untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan meminum campuran madu dan lemon secara rutin setiap harinya, kalian dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh kalian dari serangan berbagai macam penyakit.

2. Madu juga baik untuk pencernaan

Jika kalian sering mengalami masalah pada pencernaan, kalian harus mencoba mengkonsumsi madu dengan campuran jahe. Kalian dapat merebus jahe terlebih dahulu, lalu air rebusan jahe tadi dicampurkan dengan beberapa sendok madu. Kalian bisa mengkonsumsi minuman ini secara rutin agar usus dan lambung kalian tetap terjaga kesehatannya.

3. Madu juga baik untuk mengobati sakit kepala

Madu memiliki kandungan anti inflamasi dan juga analgesik. Kedua zat ini sangat efektif untuk meredakan sakit kepala yang menyerang. Kalian bisa mencampurkan dua sendok madu kedalam secangkir teh hangat lalu minum secara rutin. Untuk khasiatnya tidak bisa dirasakan secara langsung, tetapi dengan mengkonsumsi secara rutin, serangan sakit kepala dapat diminimalisir sehingga kita dapat menjalani hari dengan lebih rileks.

4. Madu baik untuk detoksifikasi tubuh

Madu juga sangat cocok digunakan untuk proses detoksifikasi. Ini dikarenakan kandungan antioksidan dan enzim alami yang terkandung dalam madu dapat membersihkan racun yang tertinggal di dalam tubuh. Senyawa tersebut juga sangat baik untuk mencegah kerusakan sel. Kalian bisa mencampurkan 1 sendok madu dan 1 sendok cuka apel kedalam secangkir air hangat. Minum secara rutin untuk mendapatkan efek maksimal.

Cara Untuk Menjaga Kesehatan Mata Kita

Mata menjadi bagian yang sangat penting didalam kehidupan. Tanpa adanya mata kita tak bisa melihat keindahan dunia, oleh sebab itu kesehatan perlu dijaga dengan baik agar tetap dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Cara pertama adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter mata. Jangan menunggu hingga mata bermasalah baru mau melakukan pemeriksaan. Biasakan secara rutin untuk memeriksa kesehatan mata agar dapat mengetahui secara dini jika mata sedang bermasalah. Jika kita terlambat menangani mata yang bermasalah, bukan tidak mungkin mata kita akan semakin rusak dan akhirnya kehilangan kemampuan untuk melihat.

Selain rutin memeriksakan mata ke dokter, kalian juga perlu menjaga asupan yang kalian konsumsi. Untuk menjaga kesehatan mata, kalian perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, misalnya saja wortel dan juga sayuran berdaun hijau. Kurangi minuman beralkohol karena dapat mempengaruhi kesehatan mata. Salmon dan tuna juga menjadi bahan makanan yang dapat memberikan asupan yang baik untuk mata kita.

Menjaga berat badan juga dapat menurunkan resiko mata terkena katarak. Salah satu penyebab katarak adalah obesitas. Memang mekanisme jelasnya masih belum dapat dijelaskan, tetapi obesitas berpengaruh secara tidak langsung terhadap kesehatan mata. Lakukan olahraga secara rutin agar dan jaga asupan makanan agar tubuh dapat terhindar dari obesitas.

Jika kalian sering bekerja dengan melihat komputer atau handphone, cobalah untuk sesekali mengistirahatkan mata kalian. Mata juga butuh waktu untuk istirahat, jika kalian terus menerus bekerja tanpa mengistirahatkan mata, bisa jadi mata kalian akan rusak. Salah satu akibat tidak mengistirahatkan mata adalah mata minus.

Itu dia cara sederhana untuk menjaga kesehatan mata. Mata yang sehat adalah bentuk dari pola hidup yang sehat. Salam kesehatan !

Tiga Manfaat Kunyit Bagi Sistem Pencernaan Tubuh

Kunyit merupakan rempah rempah yang mempunyai banyak mamfaat bagi kehidupan manusia. Kunyit biasanya dipakai sebagai bahan tambahan masakan agar terlihat mempunyai warna dan rasa yang enak. Warna kuning kunyit sering di pakai sebagai bahan pewarna alami dalam masakan. Tidak hanya untuk masakan namun kunyit juga merupakan tanaman obat yang bisa bermamfaat bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa mamfaat alami bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi kunyit secara tepat dan teratur.

1. Membantu Mengobati Asam Lambung

Penyakit asam lambung dapat diobati dengan menggunakan kunyit. Makanan yang mengandung satu sendok kunyit mempunyai khasiat untuk membantu mengobati masalah yang terjadi dilambung. Penyakit asam lambung merupakan penyakit yang diakibatkan oleh pola makan yang tidak baik sehingga menyebabkan luka pada dinding lambung.

2. Anti Peradangan Tubuh

Untuk mencegah masalah peradangan pada pencernaan bisa kita lakukan dengan menyeduh 1 gram bubuk kunyit dan diminum secara teratur selama 8 hari. Hal ini dapat membantu menyembuhkan sejumlah peradangan yang terjadi didalam tubuh.

3. Membantu Mengatasi Masalah Diare

Kunyit merupakan tanaman obat alami yang sangat baik untuk pencernaan kita. masalah diare misalnya dapat disembuhkan hanya dengan mengkonsumsi kunyit secara teratur dan tidak hanya itu saja masalah gas atau angin yang ada di dalam pencernaan juga dapat di keluarkan atau disembuhkan dengan menggunakan kunyit. untuk mendapatkan khasiat terbaik dari kunyit maka cara pengolahan kunyit tersebut harus benar benar tepat.

Ketahui Buah Yang Dilarang Tuk Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan kandungan dan nutrisi yang baik agar janin yang ada didalam tubuh sang ibu bisa mendapatkan nutrisi untuk dapat berkembang dengan baik. Nutrisi yang baik bisa didapatkan dari makanan seperti sayur, daging dan buah.

Dalam mengonsumsi buah buahan perlu diperhatikan karena banyak jenis buah  yang sebenarnya berbahaya untuk dikonsumsi oleh seorang ibu yang sedang hamil. Salah satu bahaya yang bisa terjadi ketika salah mengonsumsi buah buahan adalah mengalami keguguran dan pendarahan saat melahirkan. Berikut ini beberapa jenis buah yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil :

1. Nanas

Nanas merupakan salah satu buah yang sangat dilarang untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. kandungan bromelain yang ada pada buah nanas dapat melunakkan leher rahim yang merupakan jalan lahirnya seorang bayi. Bromelain ini dapat menyebabkan kontraksi yang beresiko terjadinya keguguran.

2. Pepaya mentah

Pepaya yang mentah dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu yang tengah hamil sebab kontraksi hebat dapat terjadi pada rahim dan menyebabkan keguguran pada bayi.

3. Leci

Buah leci mempunyai rasa yang sangat nikmar namun seorang wanita yang sedang hamil dilarang untuk mengonsumsi buah tersebut karena buah leci bersifat panas dan dapat menyebabkan sakit perut hingga pendarahan yang berujung pada keguguran.

4. Persik

Buah persik mempunyai rasa yang manis dan terlihat sangat mengoda untuk dikonsumsi. Bagi wanita yang sedang hamil mengonsumsi buah persik adalah dilarang karena buah persik bersifat panas dan dapat menyebabkan pendarahan pada ibu hamil. Kulit buah persik yang berbulu juga dapat menyebabkan tenggorokan gatal dan terbakar.

Bahaya Mengkonsumsi Alkohol Dalam Jumlah Banyak

Alkohol merupakan minuman yang dapat menyebabkan rasa mabuk hingga tidak sadarkan diri jika di konsumsi secara berlebihan. Secara umum alkohol dikonsumsi oleh seseorang untuk memberikan rasa hangat pada tubuh saat berada dicuaca yang dingin dan bersalju.

Seseorang yang mengonsumsi alkohol dengan kadar tinggi secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan mental atau keracunan bahkan tidak sadarkan diri. Zat yang ada didalam alkohol dapat menyebabkan perasaan “nge-fly” pada seseorang yang dipercaya dapat memberikan rasa senang pada seseorang dalam jangka waktu pendek.

Alkohol merupakan etanol yang dikatakan sebagai salah satu minuman atau zat tertua. Beberapa contoh minuman alkohol yang sering dikonsumsi adalah bir, anggur, vodka, wiski, rum, dll. Hal hal baik yang bisa dialami oleh tubuh ketika kita berhenti mengonsumsi alkohol adalah sebagai berikut:

1. Penurunan Berat Badan

Alkohol mempunyai kandungan nutrisi yang sedikit dan memiliki kalori yang tinggi, itu sebabnya seseorang yang senang minum minuman beralkohol mempunyai berat badan yang tinggi. Selain itu juga orang yang mengonsumsi alkohol mempunyai keinginan untuk makan yang tinggi. Jadi salah satu kebaikan yang bisa didapatkan oleh seseorang yang behenti minum alkohol adalah terjadinya penurunan berat badan.

2. Meningkatkan Kadar Kolesterol

Seorang pecandu alkohol mempunyai kolesterol dalam darah yang sangat tinggi. Kandungan pati yang terdapat pada alkohol akan membuat kolesterol dalam darah menumpuk dan beresiko terjadinya serangan jantung. Berhenti mengonsumsi alkohol dapat menurunkan kadar kolesterol dan jantung menjadi sehat kembali.

3. Merusak Organ Tubuh

Seperti yang kita ketahui, kandungan yang ada didalam alkohol sangat berbahaya, terlebih lagi untuk jantung, lambung dan juga hati. Orang yang mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan beresiko mengalami kerusakan hati 70% lebih besar ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsi alkohol.

Konklusinya adalah alkohol itu berbahaya, namun jika kalian bisa mengkonsumsinya dalam takaran yang tepat, maka alkohol masih diperbolehkan untuk dikonsumsi.

5 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Asupan Protein

Protein merupakan nutrisi yang amat penting bagi kesehatan tubuh. Asupan protein yang dibutuhkan oleh anak laki laki adalah sebanyak 56 gram dan untuk anak perempuan adalah 46 gram. Untuk mencapai asupan nutrisi harian tersebut diperlukan makanan yang sehat dan bergizi. Kekurangan protein akan menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh dan berikut ini adalah tanda tanda jika tubuh kekurangan protein.

1. Selalu merasa lapar

Saat sudah makan dan masih merasakan lapar maka hal ini menunjukkan bahwa tubuh kita sedang kekurangan asupan protein. Nasfu makan akan terus meningkat sampai asupan protein dalam tubuh tercukupi.

2. Massa otot berkurang

Asam amino merupakan unsur yang terkandung dalam protein. Asam amino ini merupakan hal penting dalam pembentukan otot didalam tubuh. Tubuh yang kekurangan protein akan memecahkan jaringan otot sehingga massa otot didalam tubuh akan berkurang jika asupan protein dalam tubuh kurang.

3. Sering sakit

Salah satu yang akan terjadi pada tubuh ketika kekurangan protein adalah sering terserang bermacam macam penyakit. Imunitas tubuh akan melemah karena kekurangan protein akibatnya tubuh akan sangat mudah terserang bakteri dan virus.

4. Rambut rontok

Rambut rontok adalah salah satu hal yang bisa ditimbukan karena kekurangan protein dalam tubuh. Gangguan hormon menyebabkan rontoknya rambut karena produksi protein non-esensial terganggu.

5. Kaki bengkak

Kakki bengkak adalah salah satu bentuk dari edema atau keadaan kelebihan cairan yang terakumulasi pada jaringan pada tubuh. Hal tersebut merupakan salah satu dampak dari tubuh yang kekurangan protein.

Bagaimana Cara Meningkatkan HDL Dalam Tubuh ?

Didalam tubuh manusia, ada dua jenis kolestrol, yakni kolestrol baik dan kolestrol jahat. Namun banyak orang menganggap bahwa semua jenis kolestrol itu tidak baik bagi tubuh dan dapat memicu berbagai penyakit. Padahal HDL ( High Density lipoprotein ) sangat dibutuhkan oleh tubuh. Semakin tinggi kadar HDL atau kolestrol baik dalam tubuh, maka resiko terkena penyakit koroner juga akan semakin rendah. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan HDL, salah satunya adalah olahraga dan tidak merokok.

Namun pola makan yang benar juga sangat mempengaruhi kadar HDL dalam tubuh. Makanan yang perlu diwaspadai adalah makanan dengan kandungan lemak trans, misalnya saja fastfood atau junkfood. Mengkonsumsi junkfood dapat menekan angka HDL sehingga kadar lemah jahat dalam tubuh akan meningkat.

Menurut lansiran pihak Boldsky, ada banyak jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar HDL dalam tubuh. Agar kadar HDL dalam tubuh dalam meningkat, sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan denga kandungan omega 3, omega enam dan juga asam lemak. Apabila tidak suka dengan ikan, kalian bisa menggantinya dengan dark chocolate bebas gula.

Beberapa jenis kacang-kacangan juga dapat meningkatkan HDL dalam tubuh seperti kacang almond, pistachio dan juga biji bunga matahari. Bagi para vegetarian yang tidak bisa mengkonsumsi daging, maka cokelat hitam dan kacang-kacang dapat menjadi alternatif yang tepat untuk meningkapkan kadar HDL didalam tubuh.

Fakta Berhubungan Seksual Ketika Menstruasi

Di Indonesia sendiri ada mitos-mitos yang berkaitan dengan hubungan seksual ketika menstruasi. Untuk itu mari kita bahas fakta tentang berhubungan seksual ketika menstruasi agar kalian tidak miss infomasi. Yuk kita lihat bersama.

Fakta pertama, berhubungan seksual ketika menstruasi sangat baik untuk wanita yang sedang mengalami stres ataupun depresi. Mengapa ? Karena ketika melakukan hubungan seksual dan orgasme, wanita akan melepaskan hormon endorfin sehingga hati dan pikiran akan lebih senang dari sebelumnya. Nah, kondisi ini dapat meredakan tingkat stres dan depresi pada wanita.

Fakta kedua, wanita yang sedang mengalami haid atau menstruasi akan lebih bergairah dari biasanya. Ini dikarenakan adanya perubahan hormon pada wanita ketika dalam fase menstruasi.

Fakta ketiga, berhubungan seksual ketika menstruasi juga dapat meningkatkan presentasi penularan penyakit kelamin. Ketika menstruasi, dinding rahim akan terbuka dan memungkinkan darah masuk kedalamnya. Hal ini yang dapat meningkatkan presentasi tertular penyakit.

Fakta keempat, penularan penyakit HIV juga jauh lebih besar. Karena cairan tubuh dan darah yang dikeluarkan lebih banyak, maka penularan penyakit berbahaya ini juga semakin besar.

Fakta kelima, normalnya vagina memiliki pH sebesar 3,8 hingga 4,5, namun ketika menstruasi, kadar tersebut akan meningkat sehingga dapat menyebabkan peningkatan perkembangan ragi ataupun jamur pada area kewanitaan.

Faka keenam, jika ingin berhubungan seksual ketika menstruasi, ada baiknya melakukannya dibawah pancuran air atau shower dan jangan lupa gunakan kondom.

Penyakit Kelamin Yang Paling Sering Terjadi

Biasanya penyakit yang menyerang alat kelamin akan sulit untuk disembuhkan. Oleh karena itu, kalian perlu tahu jenis-jenis penyakit kelamin yang biasa terjadi.

Penyakit pertama bernama Gonorrhea atau sering disebut Chlamyia. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan infeksi akan terjadi setelah beberapa hari atau beberapa minggu setelah melakukan hubungan seksual. Biasanya pria yang terserang penyakit ini, di area penis akan mengeluarkan cairan putih berwarna bening. Ketika ingin buang air kecil, biasanya penis akan terasa panas dan sakit. Jika dibiarkan lebih lanjut tanpa penanganan yang tepat, maka resiko terbesarnya adalah kemandulan.

Penyakit kedua adalah Herpes. Penyakit herpes terjadi karena virus HSV, biasanya gejala akan timbul setelah beberapa hari setelah melakukan hubungan intim. Area yang terserang penyakit ini akan teluka dan mengeluarkan cairan. Meski sudah sembuh, penyakit ini dapat kembali menyerang daerah yang sama.

Penyakit ketiga adalah Sipilis. Penyakit ini terjadi akibat serangan bakteria Lesi. Biasanya rentan waktu terserang penyakit ini adalah 3 minggu hingga 3 bulan setelah melakukan hubungan seksual. Pada umumnya, penyakit ini tidak akan terasa sakit, luka yang ada juga akan hilang setelah beberapa minggu. Sayangnya virus yang menyerang masih menetap dan akan mengakibatkan lecet pada seluruh tubuh.

Penyakit keempat adalah AIDS. Penyakit ini sangatlah berbahaya karena memakan sistem imunitas tubuh. Seiring berjalannya waktu, maka tubuh si penderita akan semakin lemah dan kurus dan akan berujung pada kematian.

Minum Obat Pakai Air Soda Berbahaya, Hoax Atau Tidak Ya ?

Hampir semua obat yang ada di pasaran itu memiliki rasa yang pahit. Hal ini membuat orang mencari cara untuk mengkonsumsi obat tanpa perlu memikirkan rasa pahitnya, terlebih lagi untuk anak kecil. Kadang ada orang yang mengkonsumsi obat dengan cara dimasukkan kedalam potongan pisang kecil ataupun menggunakan minuman manis dan bersoda agar rasa pahit dari obat bisa cepat hilang. Namun, sebenarnya boleh tidak sih mengkonsumsi obat dengan air soda ?

Koordinator Pemeriksaan Kesehatan dan Pencegahan Penyakit Fortis Hospital Mohali, India, Dr Rajni Pathak menjelaskan bahwa kadar asam yang ada didalam soda dapat menurunkan kinerja dari antibakteri yang ada didalam obat. Bahkan soda juga bisa menimbulkan alergi jika dikonsumsi bersama beberapa jenis obat-obatan, Tidak hanya itu saja, soda juga dapat menghancurkan zat besi yang ada di dalam suplemen.

Katrina A Bramstedt, Ph.D seorang pakar bioetika Luxembourg Agency for Research Integrity, Eropa menjelaskan bahwa ada beberapa jenis obat yang dapat merusak mulut jika dikonsumsi bersamaan dengan air soda.

Minuman lainnya yang dilarang untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat adalah jus delima, teh hijau, susu, kafein, minuman isotonik, minuman berenergi, alkohol, serta jus anggur. Oleh karena itu, jika ingin meminum obat, alangkah baiknya untuk menggunakan air putih hangat. Air putih dapat membantu kita untuk menelan obat tanpa adanya efek samping bagi tubuh. Selain itu tubuh juga akan terhidrasi dengan baik jika kita rutin minum air putih.

Apakah Boleh Mengkonsumsi Aspirin Dengan Ibuprofen Sekaligus ?

Aspirin dan Ibuprofen merupakan obat yang digunakan untuk meredakan nyeri. Meski bersifat sebagai painkiller ternyata kedua obat ini juga memiliki kegunaan lainnya seperti menyembuhkan sakit gigi, sakit punggung, nyeri haid sedangkan untuk aspirin sendiri memiliki kegunaan untuk mengobati jerawat.

Meski memiliki kegunaan yang hampir mirip, tetapi penggunaan kedua obat ini secara bersamaan sangatlah dilarang. Mengapa ? Dengan mengkonsumsi kedua obat ini secara bersamaan dapat memicu reaksi alergi seperti gatal-gatal, lecet, ruam, hingga bengkak pada daerah wajah. Resiko yang lebih besar adalah penurunan fungsi pendengaran bahkan hingga kerusakan ginjal.

Bahkan jika kedua obat ini dikonsumsi bersamaan oleh orang yang sudah berusia 60 tahun dan memiliki riwayat sakit maa, meminum steroid atau pengencer darah dan juga pengkonsumsi alkohol, obat ini dapat menyebabkan pendarahan lambung !

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh FDA yang menjadi lembaga pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa ibuprofen justru dapat menghambat kerja dari aspirin jika dikonsumsi secara bersamaan.

Gejala paling umum yang sering terjadi ketika mengkonsumsi kedua obat ini secara bersamaan adalah muntah-muntah dan juga nyeri serta diare. Meski begitu, ada beberapa faktor yang mengijinkan kedua obat ini dikonsumsi bersama, tetapi itu harus mengikuti resep dari dokter yang berpengalaman.

Sebagai tambahan catatan, jika kalian memang diharuskan untuk mengkonsumsi ibuprofen, kalian bisa mengkonsumsinya 8 jam sebelum menggunakan aspirin. Jika memang kalian membutuhkan konsumsi ibuprofen sekaligus harus menggunakan aspirin, biasanya dokter akan menganjurkan obat pereda sakit lainnya yang bisa kalian konsumsi secara bersamaan.