Batu Ginjal - Penyakit Ginjal Yang Sangat Berbahaya
Kesehatan

Batu Ginjal – Penyakit Ginjal Yang Sangat Berbahaya

Mungkin masih sedikit yang tidak tahu akan kegunaan ginjal bagi tubuh. Ginjal adalah organ yang sangat krusial yang berfungsi sebagai pencuci darah agar darah tetap bersih. Jika tidak ada ginjal, maka darah yang ada dalam tubuh akan kotor sehingga mempengaruhi kesehatan organ lainnya. Tentunya kalian sudah tidak asing dengan gagal ginjal bukan ?

Nah selain gagal ginjal, masih ada satu penyakit ginjal lagi yang perlu diwaspadai, namanya adalah batu ginjal. Sebenarnya seberbahaya apa sih batu ginjal itu ?

Perlu kalian ketahui, batu ginjal tidak muncul begitu saja. Butuh bulanan hingga tahunan agar batu ginjal dapat terbentuk. Awalnya batu ginjal berbentuk pasir, pasir ini berkumpul dan mengendap dalam waktu yang lama hingga membentuk batu. Jika sudah parah, rasa sakitnya seperti ditusuk dengan pisau.

Pernah kan lihat kencing darah ? Kenapa sih bisa terjadi ? Kencing darah terjadi karena batu yang ada pada ginjal melukai ureter. Ureter yang terluka akan mengeluarkan darah, maka dari itu urin yang keluar bercampur dengan darah sehingga menjadi warna merah. Kadang batu yang berbentuk kecil akan ikut keluar melalu urin, ketika sudah sampai di bagian penis dan tersangkut, butuh pembedahan untuk mengeluarkan bantu tersebut.

Jika ginjal sudah rusak dan kerusakannya sudah parah, maka situasi terburuknya adalah gagal ginjal. Jika sudah gagal ginjal, kalian harus melakukan cuci darah. Sudah tahu bukan harga untuk cuci darah ? Maka dari itu kita perlu menjaga kesehatan ginjal kita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *