Yuk Bahas Lebih Dalam Tentang Lambung
Kesehatan

Yuk Bahas Lebih Dalam Tentang Lambung

Sering mengalami sakit maag ? Sakit maag merupakan penyakit yang terjadi di daerah lambung. Sebenarnya maag itu bukanlah nama penyakit melainkan nama lambung dalam bahasa Belanda. Baiklah, kali ini kita akan membahas mengenai lambung secara mendalam.

Lambung adalah organ tubuh yang memiliki rongga kosong serta diselimuti oleh otot yang kuat. Otot yang berlapis ini tidak sejajar tiap lapisnya. Untuk volume rongganya sendiri memiliki kapasitan sekitar 1 liter namun dapat membesar mengikuti jumlah makanan yang sudah dimakan.

Di dalam lambung ada yang namanya asam lambung. Cairan ini jauh lebih asam ketimbang cuka. Keasaman asam lambung mencapai pH 1,5. Tugasnya adalah untuk menghancurkan makanan dan membunuh setiap bakteri yang ikut masuk beserta makanan.

Mengapa lambung bisa sakit ? Biasanya lambung menjadi sakit karena asam lambung mengalami peningkatan. Dalam gejala yang ringan, asam lambung ini hanya akan menyebabkan rasa perih dan mual. Namun bila sudah parah, dinding lambung dapat terluka dan mengeluarkan darah.

Salah satu penyebab lambung luka adalah parasit helicobacter Pylory. Bakteri ini tidak bisa mati oleh asam lambung. Bentuknya seperti cacing yang memiliki “ekor berputar” yang dapat merobek dinding lambung.

Hal yang perlu dihindari oleh penderita sakit maag adalah makanan pedas, asam, soda, rokok, mie, alkohol, kopi, obat jantung dan yang terpenting tidak boleh stres.

Lambung berhubungan langsung dengan otak. Ketika kalian stres, otak akan mengirimkan sinyal ke lambung sehingga asam lambung pada lambung akan meningkat.

Oleh karena itu, selalu jaga pola makan kita dan latih pikiran agar tetap sehat. Karena jika lambung rusak, resiko terparahnya adalah kanker lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *