Manfaat Vitamin K Bagi Bayi Dan Orang Dewasa
Kesehatan

Manfaat Vitamin K Bagi Bayi Dan Orang Dewasa

Tidak hanya dapat membantu proses pembekuan darah saja, Vitamin K juga memiliki kegunaan lainnya bagi tubuh. Oleh karena itu kita perlu memenuhi kebutuhan Vitamin K sedari kecil. Bahkan orang dewasa sekalipun membutuhkan vitamin ini untuk memperkuat tulang dan gigi.

Namun perlu menjadi catatan, kebutuhan Vitamin K pada orang dewasa dan bayi berbeda. Untuk bayi, asupan yang dianjurkan adalah 0,0002 mg – 0,025 mg, untuk anak 1 – 8 tahun, yang dianjurkan adalah 0,03 – 0,05 mg, sedangkan untuk dewasa kebutuhannya tergantung berat badan.

Mari kita bahas kegunaan Vitamin K bagi tubuh :

1. Mencegah pendarahan pada bayi baru lahir

Ketika lahir, kadar Vitamin K pada tubuh bayi sangatlah minim. Hal ini dikarenakan Vitamin K tidak dapat menembus plasenta sehingga bayi kekurangan Vitamin K. Selain itu pada tubuh bayi yang baru lahir masih belum ada bakteri yang dapat membantu saluran pencernaan untuk membantu pembentukan Vitamin K. Bayi yang kekurangan vitamin K dapat terserang haemorrhagic disease of the newborn ( HDN ).

2. Mempercepat proses pemulihan luka

Vitamin K juga berperan penting dalam penyembuhan luka. Tubuh yang kekurangan vitamin K akan mengalami kesulitan untuk menyembuhkan luka, bahkan luka kecil sekalipun.

3. Memperkuat tulang

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Vitamin K dapat memperkuat tulang. Banyak sekali suplemen dan susu yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang tua. Pada umur diatas 45 tahun, tulang sudah mulai melemah sehingga membutuhkan asupan Vitamin K berlebih agar kesehatan tulang tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *