Lima Jenis Ikan Dengan Kandungan Merkuri Yang Tinggi
Konsumsi Sehat

Lima Jenis Ikan Dengan Kandungan Merkuri Yang Tinggi

Banyak yang memandang ikan sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, tetapi tidak semua jenis ikan baik untuk dikonsumsi. Ada beberapa jenis ikan yang harus dihindari karena memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Merkuri merupakan zat yang sangat berbahaya bagi tubuh sehingga sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Berikut ini kami rangkumkan beberapa jenis ikan yang harus kalian hindari agar kesehatan tubuh tetap dapat terjaga.

1. Daging dan sirip ikan hiu

citarellacom-hiu-b89527c6b13f921eeb92d665b7be3864.jpg

Hiu merupakan makanan yang biasanya disajikan di restoran-restoran mewah. Padahal mengkonsumsi daging ikan itu sangat berbahaya. Ikan hiu memiliki kandungan merkuri yang sangat tinggi sehingga dapat menjadi hal yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, ikan hiu juga merupakan predator yang menduduki puncak piramida makanan di lautan sehingga keberadaannya saat ini sudah dilindungi. Dengan mengkonsumsi ikan hiu, maka jumlah ikan hiu di lautan lepas juga akan berkurang dan dapat mempengaruhi ekosistem laut.

2. Tuna sirip biru

pewtrustsorg-0b042c3165d2317ef01d13db86db320e.jpg

Menurut data yang dilansir oleh WWF, tuna sirip biru merupakan ikan yang sudah terancam punah sehingga dilarang untuk dikonsumsi, selain itu ikan ini juga memiliki kandungan merkuri yang sangat tinggi yang tentunya dapat menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh. Jika kalian memang suka mengkonsumsi tuna, kalian bisa mengkonsumsi tuna dengan jenis albacore yang biasanya tersedia dalam kemasan kalengan, selain rfendah merkuri, tuna jenis albacore juga memiliki kandungan yang baik bagi tubuh.

3. Ikan todak

foodnetworkcom-32b21758d4fb09393751cba9de5ac79f.jpeg

Salah satu jenis ikan yang harus kalian hindari adalah ikan pedang atau todak. Ikan ini memiliki kandungan yang tinggi dan sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Selain itu, perburuan ikan ini yang menggunakan sistem long line juga dianggap dapat membahayakan mahluk lainnya seperti penyu, hiu, dan ikan-ikan lainnya. Apa itu long line ? Long line adalah mekanisme perburuan ikan dengan menyebarkan jaring yang panjang dengan umpan disetiap ujungnya.

4. Ikan gindara

sorestaurantcom-5f9c4d727feee3a0f0fecfd0d02502d8.jpg

Ikan jenis ini sering ditemukan di pasaran dan juga rumah makan, baik itu lokal ataupun mancanegara. Tetapi apakah kalian tahu bahwa ikan gindara merupakan ikan yang perlu kita hindari karena memiliki kandungan merkuri yang tinggi serta memiliki zat gempylotoxin. Zat ini merupakan zat racun yang dapat memicu berbagai masalah pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *