Nanas Bisa Buat Bayi Lahir Prematur, Hoax Atau Benar ?
Kesehatan

Nanas Bisa Buat Bayi Lahir Prematur, Hoax Atau Benar ?

Sepertinya buah nanas menjadi sosok yang menakutkan bagi ibu hamil. Banyak stigma masyarakat yang mengatakan bahwa mengkonsumsi buah nenas ketika hamil dapat menyebabkan bayi yang dilahirkan menjadi prematur, apakah hal ini benar adanya ataukah hanya hoax belaka ? Mari kita ulas lebih dalam.

Menurut penjelasan dr. Dyan Mega Inderawati, sebenarnya tidak ada makanan yang membuat bayi itu lahir prematur, termasuk nanas.

Dr. Dyan mengatakan bahwa mengkonsumsi nanas pasca mengandung itu aman, selama tidak berlebihan. Ia juga menambahkan bahwa nanas mengandung banyak zat yang menyehatkan tubuh seperti Vitamin B1, B6, serta vitamin C.

Selain itu nanas juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, sistem saraf, serta dapat memperkuat sistem imunitas tubuh, terlebih lagi nanas juga menjadi buah yang terkenal akan anti inflamasinya.

Bayi yang lahir prematur disebabkan oleh banyak hal, namun presentasi bayi lahir prematur karena makanan sangatlah kecil. Biasanya ibu yang memiliki gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol menjadi faktor paling umum yang menyebabkan bayi lahir prematur. Terkadang bayi yang lahir prematur juga disebabkan kromosom ataupun keturunan.

Oleh karena itu Dr. Dyan meminta setiap keluarga tidak terlalu memusuhi nanas. Jika dikonsumsi dalam takaran yang tepat, justru dapat menyehatkan kandungan. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *