Mual Tanpa Alasan ? Pahami Penyebabnya !
Kesehatan

Mual Tanpa Alasan ? Pahami Penyebabnya !

Rasal mual kadang sering menyerang siapa saja. Rasa mual biasanya terjadi karena beberapa alasan seperti keracunan makanan, ketidakcocokan akan makanan, alergi, kehamilan, ataupun permasalahan pencernaan.

Namun terkadang rasa mual juga bisa datang karena beberapa alasan yang tidak terduga. Berikut ini beberapa penyebab rasa mual yang cukup unik.

Penyebab pertama adalah migrain. Ketika kepala sedang dilanda migrain, rasa sakit yang melanda juga dapat mengakibatkan rasa mual. Ahli kesehatan hingga saat ini juga belum bisa menemukan korelasi antara migrain dan mual, namun untuk beberapa kasus, migrain memang dapat memicu rasa mual.

Penyebab kedua adalah kurangnya pembuluh darah pada area panggul ( kongesti panggul ). Hal ini biasanya menyerang kaum wanita, ada sebanyak 30% wanita yang menderita kasus semacam ini. Terkadang rasa sakit yang ada pada bagian panggul yang tidak tertahankan akan memicu rasa mual pada perut.

Penyebab ketiga adalah stres dan depresi. Sudah bukan rahasia umum lagi jika rasa depresi dan stres dapat memicu rasa mual dan pusing pada tubuh. Oleh karena itu, kesehatan mental dan jiwa juga perlu dijaga agar kesehatan fisik tetap optimal.

Penyebab keempat adalah reaksi obat-0batan tertentu. Jika kalian membaca keterangan yang ada pada obat, tidak sedikit obat yang dijual memiliki efek samping yang dapat menimbulkan rasa mual. Oleh karena itu, sebelum mengkonsumsi obat-obatan, alangkah baiknya untuk membaca terkait efek samping yang mungkin terjadi setelah mengkonsumsi obat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *