Langkah Perawatan Vagina Ketika Menstruasi
Kesehatan

Langkah Perawatan Vagina Ketika Menstruasi

Ketika menstruasi, ada banyak masalah yang bisa menyerang seperti iritasi, rasa gatal, bau tidak sedap dan lain sebagainya. Salah satu faktor yang menyebabkan masalah vagina saat menstruasi adalah pembalut yang kotor dan kebersihan vagina yang tidak dijaga yang menyebabkan berkembangnya bakteri dan virus. Jika bakteri dan virus yang berkembang tidak terkontrol, bisa-bisa muncul masalah lainnya pada daerah kewanitaan.

Berikut ini cara untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan saat menstruasi :

1. Saat membersihkan vagina, biasakan untuk mengusapnya dari depan kebelakang, ini dilakukan agar bakteri dari anus tidak berpindah dari vagina.

2. Ketika menstruasi, sangat disarankan untuk membasuh atau membilas vagina beberapa kali sehari. Kalian juga perlu memperhatikan kebersihan perineum, yakni area antara vagina dan anus.

3. Saat memilih sabun, jangan gunakan sabun yang ada ekstrak pewangi. Kandungan yang ada pada parfum dapat mengakibatkan iritasi pada bagian vagina. Ingat, saat membersihkan vagina, cukup gunakan sabun pada area bulu vagina saja.

4. Pembalut yang digunakan juga perlu diganti setiap 3 atau 4 jam sekali untuk menghindari resiko iritasi. Selain itu penggantian pembalut juga memberikan sirkulasi pada area kewanitaan agar tidak lembab.

5. Pada dasarnya vagina memiliki mekanisme tersendiri untuk membersihkan diri, namun jika mekanisme tersebut dibarengi dengan tindakan yang tepat bukankah pembersihkan yang ada akan semakin maksimal ? Tentunya kalian tidak mau dong bagian kewanitaan iritasi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *