Mata Tegang Akibat Layar Komputer ? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya
Kesehatan

Mata Tegang Akibat Layar Komputer ? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya

Seperti yang kita tahu, seiring berkembangnya jaman, seluruh aspek pekerjaan sudah dapat dipantau melalui komputer. Namun dibalik kemudahan yang didapatkan, menatap layar komputer terlalu lama juga dapat menyebabkan mata lelah. Semakin lemah mata kita, maka kemampuan melihat kita juga akan semakin menurun. Oleh karena itu kita perlu menjaga dan mengistirahatkan mata kita agar tetap dapat bekerja dengan optimal. Untuk menghindari kelelahan mata, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, yuk simak bersama.

Pertama adalah menghindari cahaya yang berlebihan. Cahaya merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan mata menjadi lelah. Jangan sampai menggunakan komputer dengan cahaya yang lebih terang ketimbang ruangan kita. Usahakan gunakan cahaya yang sedikit redup agar mata tidak cepat lelah ketika bekerja.

Kedua adalah berkedip. Berkedip dengan cepat setelah beberapa jam menggunakan komputer juga dapat membantu mata untuk tetap berfungsi dengan optimal. Dengan berkedip secara cepat, mata kita akan memproduksi cairan mata yang akan menghidrasi mata kita sehingga mata tidak akan kekeringan.

Ketiga adalah mengistirahatkan mata selama 20 menit. Setelah menggunakan komputer dalam waktu yang lama, ada baiknya mengistirahatkan mata kita selama 20 menit. Hal ini dilakukan untuk memberikan efek relaksasi pada otot mata sehingga mata tetap dapat bekerja dengan optimal.

Keempat adalah senam mata. Mirip dengan berkedip, namun untuk senam mata, ada efek tambahan yang bisa kalian dapatkan seperti memperkuat otot mata dan juga menjaga mata agar tidak kering.

Kelima adalah mengatur cahaya pada komputer. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, pencahayaan pada monitor komputer sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Kami merekomendasikan cahaya hanya diatur 50% sehingga tidak terlalu silau namun juga tidak terlalu gelap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *