Hindari Mengkonsumsi Kopi Jika Sedang Mengalami Hal Ini
Kesehatan

Hindari Mengkonsumsi Kopi Jika Sedang Mengalami Hal Ini

Kopi merupakan minuman yang mengandung kafein dimana kafein sangat berguna untuk menghilangkan rasa kantuk. Mengkonsumsi kopi sekarang ini sudah menjadi sebuah tren yang modern, dimana banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk mengkonsumsi kopi. Gerai kedai kopi yang ada di kota-kota besar terus bertambah setiap tahunnya, ini menunjukkan bahwa niat masyarakat untuk mengkonsumsi kopi juga turut meningkat. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kalian mengkonsumsi kopi. Apa saja itu, mari kita simak bersama melalui artikel ini.

Kondisi pertama adalah ketika kalian sedang merasa cemas. Mengapa demikian ? Menurut The National Institute of Mental health, Amerika Serikat, mengkonsumsi asupan berkafein sangat tidak direkomendasikan untuk orang yang sedang merasa cemas. Kafein dapat meningkatkan perasaan gelisah, selain itu kafein juga membuat kalian sulit untuk tidur. Seperti yang kita ketahui, orang yang cemas pada awalnya juga sudah sulit untuk tidur, apalagi ditambah dengan efek kafein.

Kondisi kedua adalah saat sakit perut. Kopi dapat meningkatkan asam pada lambung sehingga beresiko terkena maag, terlebih lagi jika kalian mengkonsumsi kopi pada saat perut kosong. Jika kalian memiliki penyakit maag, baik itu akut ataupun tidak, sebaiknya hindari minuman ini agar asam lambung tidak meningkat.

Kondisi ketiga adalah ketika jantung berdebar. Kafein merupakan zat yang dapat meningkatkan konsentrasi, namun ada efek samping dari itu, yakni jantung berdebar. Bagi kalian yang jantungnya sedang berdebar, jangan mengkonsumsi kopi karena dapat memperburuk keadaan. Biasanya jantung berdebar akan diiringi dengan gejala seperti pusing, mual dan juga mata berkunang-kunang.

Kondisi keempat adalah insomnia. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, jika kalian sudah sulit tidur lalu kalian mengkonsumsi kopi, maka otak kalian akan semakin segar dan membuat kalian semakin sulit untuk tertidur. Jika kalian mengalami susah tidur, kami menyarankan kalian untuk mengkonsumsi susu hangat. Susu dapat memberikan efek rileks pada otak sehingga membuat kalian mudah untuk tertidur.

Itu dia beberapa kondisi dimana kalian tidak boleh mengkonsumsi kopi ataupun makanan dengan kandungan kafein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *