Ketahui Penyebab Gusi Bengkak Dan Terasa Sakit
Kesehatan

Ketahui Penyebab Gusi Bengkak Dan Terasa Sakit

Gusi merupakan bagian tubuh yang kokoh dan juga tebal, namun terkadang gusi juga bisa terluka dan bengkak. Ada berbagai alasan yang dapat menyebabkan gusi bengkak. Biasanya jika kita memeriksakan gusi yang bengkak ke dokter, pihak medis akan melakukan rontgen ataupun tes darah untuk memastikan penyebab dari gusi bengkak. Berikut ini beberapa penyebab umum gusi bengkak dan terasa sakit.

1. Gingivitis

Biasanya Gingivitis terjadi karena rongga mulut tidak terjaga kebersihannya. Penumpukan plag dan juga bakteri yang berlebih pada gigi dan gusi mengakibatkan gusi menjadi infeksi dan membengkak. Jika tidak ditangani dengan baik, maka kejadian terburuknya adalah gigi yang tanggal ( periodontitis ).

2. Cara menyikat gigi yang salah

Menyikat gigi memang menjadi salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Namun cara menyikat gigi yang salah juga dapat melukai gusi dan akhirnya membuat gusi menjadi bengkak. Oleh sebab itu kalian perlu mempelajari cara menyikat gigi yang benar agar terhindar dari gusi yang meradang.

3. Pengaruh hormonal

Pada beberapa kasus, seperti saat menstruasi, hamil ataupun menopause, gusi juga dapat membengkak. Apabila hormon dalam tubuh meningkat dan aliran darah dalam tubuh naik ke gusi, maka gusi akan menjadi bengkak dan terasa sakit.

4. Kekurangan vitamin C

Seperti yang kita ketahui, vitamin C dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Gusi yang bengkak juga dapat terjadi jika asupan vitamin C tidak terpenuhi. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, kalian juga bisa mengkonsumsi suplemen makanan yang memiliki kandungan vitamin C.

Selain itu, ada beberapa faktor berbahaya yang dapat menyebabkan gusi bengkak seperti kista, tumor maupun kanker. Jika pembengkakan gusi sudah diluar kewajaran, kalian perlu memeriksakan kondisi gusi kepada ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *